PENGARUH MEDIA APLIKASI WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SEBUAH TEKS NARASI SISWA KELAS X SMA RIZKI ANANDA TAHUN AJARAN 2022-2023

Faradillah Azdina Nur, Mimi Rosadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dalam kepenulisan sebuah teks narasi. Penelitian ini dilakukan di SMAS RIZKI ANANDA pada siswa kelas X semester 2 tahun ajaran 2022/2023. Jumlah populasi disekolah ini adalah 69 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperiment dengn post test only control desain. Pengambilan data berdasarkan random sampling dimana data ini diperoleh dari kelas X saja, karena total kelas untuk kelas X hanya satu sehingga penelitian ini tidak memiliki kelas control, namun hanya memiliki kelas eksperimen sebagai acuan peneliti melakukan penelitian mengambil data. Dikelas X ini dilakukan 4 kali penelitian, 2 kali penelitian tanpa menggunakan aplikasi, dengan diakhiri mengerjakan 10 soal setelah pertemuan sedangkan 2 kali penelitian terakhir menggunakan aplikasi wattpad , dengan memberikan 2 soal diakhir pembelajar agar dapat menjadi acuan data perbandingan. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian kali ini adalah uji t yaitu t hitung > 0,05 (2,048>0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi  wattpad memiliki pengaruh dalam memabantu peserta didik dalam menulis sebuah teks narasi bagi kelas X SMAS RIZKI ANANDA

Keywords


Media Pembelajaran, Aplikasi Wattpad, Kemampuan Menulis Teks Narasi.

References


Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aytan, Talat. 2017. Evaluation Of Electronic Writing Experiences Of Turkish Teacher Candidates At WATTPAD Environment. Higher education: Vol.7, No 4; ISSN 195-475X.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Pratiwi, Fatma. 2016. Wattpad: Aplikasi Media Sosial Media Convergence And Participatory Culture. Jurnal pendidikan ISBN 978-602-74139-1-7

Priyatni, Endah. 2010. Membaca Sastra Dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Rhamanto, B dan Adji Endah Peni, 2011. Drama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sadiman, Arief. 2007. Media Pendidikan:Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group.

Sari Purnama Dina. 2017. Pengembangan Menulis Kreatif Melalui Wattpad. Jakarta: SIMNASIPTEK. ISBN: 978-602-61268-4-9.

Smaldino, dkk. 2011. Intructional Teknologi & Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroso. 2015. Drama: Teori dan Praktik Pementasan. Yogyakarta: Elmatera.

Tarigan, Henry Guntur. 2008 . Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Iskandarwassid,dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Akhadiah, Sabarti, dkk. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. 2012.

Alek dan H. Achmad H.P. Buku Ajar Bahasa Indonesia. Jakarta: FITK Press. 2009.

Alyusi, Shiefti Dyah. Media Sosial: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Jakarta: Kencana. 2016.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2014.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v7i1.5503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.