PENGARUH KEBIASAAN MENONTON DRAMA KOREA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SINGKAT OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN

Imelsa Basaruddin, Nila Afningsih

Abstract


Menonton drama korea telah menjadi bagian dari kegiatan dikehidupan masyarakat di dunia san salah satunya di indonesia  sebagai salah satu bentuk media hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan melalui menonton drama Korea terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2021-2022. jumlah siswa 35 siswa yang menjadi sampel penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis naskah drama singkat oleh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Disini yang dimaksud dengan deskriptif kuantitatif adalah untuk menggambarkan, menjelaskan, atau meringkaskan berbagai kondisi, situasi, fenomena, atau berbagai variabel penelitian.  Metode deskriptif dilakukan dengan maksud melihat akibat dari suatu perilaku. Metode ini digunakan karena penelitian ingin mengetahui pengaruh menonton drama  terhadap kemampuan menulis naskah drama singkat. Pengambilan data dalam penelittian ini adalah dengan membagikan angket kepada siswa dan juga melakukan tes tulis berupa menulis naskah drama singkat. Hasil penelitian  menunjukan ada hubungan yag signifikan antara menonton drama Korea dengan kemampuan menulis naskah drama singkat siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan. Hal ini dapat dilihat pada  pada perbandingan nilai rxy dan rtabel yakni (0,462 > 0333). Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa ada pengaruh kebiasaan menonton drama Korea terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2021-2022.

Keywords


Drama Korea; Kemampuan; Menulis; Menulis; Naskah Drama.

References


Acep Yoni. (2010). Menyusun penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Ardia, V. (2014). Drama Korea dan Budaya Popular. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi,2(3), 12–18. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/LONTAR/article/view/337

Daeng Murjamal, dkk. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: penerbit Alfabeta. Darmadi, K. (1996).

Herpina, & Amri, A. (2017). Dampak Ketergantungan Menonton Drama Korea terhadap Perilaku Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(2), 1–13. www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Herpina, & Amri, A. (2017). Dampak Ketergantungan Menonton Drama Korea terhadap Perilaku Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(2), 1–13. www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Mauliddina, Tika. 2017.pengaruh Kebiasaan menontn Televisi sinetron Terhadap kemampuan Menulis naskah Drama Oleh Siswa Kelas XI SMA Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018. Skrpsi. Program Studi Pendidikan dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara MedanAcep Yoni. (2010). Menyusun penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Nurudin (2013). pengantar komunikasi massa. PT. Raja Crafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitati, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Wiyanto dan Raharjo.2017.Analisis Struktur Drama. Sukoharjo: CV Sindunata




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v7i1.5504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.