MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada pembelajaran menulis Cerita Pengalaman yang paling menyenangkan di kelas VI SD Nurul Hasanah . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN yang berjumlah 30 orang siswa, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal dari 30 siswa terdapat 11 siswa kreatif (34,37%) dan 19 siswa tidak kreatif (65,63%) nilai rata-rata observasi kreativitas belajar siswa pada kegiatan awal yaitu 51. Hasil observasi kegiatan mengajar guru pada siklus I yaitu 68% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pembelajaran menulis cerita pengalaman yang menarik di kelas VI SD Nurul Hasanah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, Rosmala. 2015. Profesionalisasi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Medan: UNIMED Press
Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1 (terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Husdarta dan Nurlan Kusumaedi. 2010. Pertumbuhan & Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Istarani. 2015. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Istrirani, Pulungan Intan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.
Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kuniasi, Sani. 2015. Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Mulyati, dkk. 2007. Bahasa Indonesia. Banten: Universitas Terbuka.
Munandar, Utami. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Purnami, Rahayu S. 2014. Sikap Positif: Kunci Sukses dalam Berkarir. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Rosdiana, dkk. 2013. Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Banten: Universitas Terbuka.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sunarto dan Agung Hartono. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriadi, Dedi. 2004. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.5759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id