Penerapan Project Based Learning (PjBL) dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX D MTsN 2 Pidie Jaya Bahasa Indonesia Materi Teks Laporan Percobaan

Tri Hartutik

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu pembelajaran yang wajib dilaksanakan pada pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2013 menempatkan Bahasa Indonesia sebagai penghela mata pelajaran lain dan karenanya harus berada di depan semua mata pelajaran lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX-D dengan menggunakan Metode Pembelajaran Project Based Learning pada materi Indonesia tentang Teks Laporan Percobaan di MTs Negeri 2 Pidie Jaya, semester II tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini termasuk penelitian action research. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IX-D di MTs Negeri 2 Pidie Jaya. Hasil penelitian ini menunjukkan: Melalui hasil penelitian tindakan kelas pada MTs Negeri 2 Pidie Jaya terjadi peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I rata-rata sebesar 67,00 sedangkan pada siklus II sebesar 80,25.  Sebelum dilakukan pembelajaran dengan Metode Pembelajaran Project Based Learning nilai siswa adalah 59,75. Pada siklus I hasil evaluasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Laporan Percobaan mendapatkan nilai rata-rata 67,00, sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata 80,25. Dari  penelitian tersebut terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar  pada siklus I sebesar 37% dan pada siklus II sebesar 91%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dilaksanakannya penelitian tindakan kelas melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Teks Laporan Percobaan dapat meningkatkan motivasi belajar yang dengan sendirinya dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa Kelas IX-D MTs Negeri 2 Pidie Jaya .

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v6i1.6048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.