BENTUK RAGAM BAHASA SANTAI YANG TERDAPAT DI DALAM KOLOM KOMENTAR VIDEO YOUTUBE DRAW MY LIFE INDONESIA BERJUDUL RRQ LEMON DRAWING-ABOUT

Mario Jospin agusta Marpaung

Abstract


      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa bentuk ragam bahasa santai alegro dan slang yang terdapat di dalam kolom komentar video youtube Draw My Life Indonesia berjudul RRQ Drawing-about. Bentuk data dari penelitian ini yaitu bentuk komentar yang berhubungan dengan ragam bahasa santai yang ada dalam kolom komentar video RRQ lemon drawing about. Hasil dari penelitian ini yakni: terdapat 30 data mengenai ragam bahasa alegro  berupa kata dan 30 data mengenai ragam bahasa slang berupa kata dari total 60 komentar yang penulis temukan didalam kolom komentar yang berhubungan dengan ragam bahasa santai, serta penelitian yang dilakukan penulis ini dapat diimplementasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII semester 1 dengan Kompetensi Dasar 3.1 mengidetifikasi informasi dari teks tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca .


Keywords


Sosiolinguistik, ragam bahasa, alegro, slang, dan implementasi

References


Andriani, Tika. et al. 2012. Ragam Bahasa Presenter Infotainment “KISS” Di Stasiun Televisi Indosiar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNP, 1(1), 399- 408.

Arifin, 2016. Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja rosdakarya. Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chaer & Agustina, 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta. Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Misbahun. 2014. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara. Moleong,LexyJ.2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujianto, G. 2021. Ragam Bahasa Santai dalam Tuturan Ilokusioner pada Kegiatan Diskusi Publik Sinau Kedaulatan dan Kebudayaan Bersama Cak Nun. GERAM, 9(2), 173-185.

Mulyasa. 2014. Manajemen implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran administrasi umum program keahlian manajemen perkantoran kompetensi otomatisasi dan tata kelola perkantoran: Penelitian di Sekolah Menengah Kejuruan Profita Bandung. Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Padeta, 2015. Sosiolinguistik. Bandung: Penerbit Angkasa.

Raco, 2011. Metode penelitian kualitatif jenis, karakteristik, dan keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Rusman, 2011. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. RdanD. Bandung: ALFABET.

Susilana Rusdi & Cepi Riyana, 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana. Widyantara, I. M. S., & Rasna, I. W. (2020). Penggunaan media Youtube sebelum dan saat pandemi Covid-19 dalam pembelajaran keterampilan berbahasa peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113-122.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v7i2.6881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.