META ANALISIS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBANTUAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Dede Irpan Nawawi, Khusnul Yuliyanti, Tatu Hilaliyah

Abstract


Penelitian Meta analisis bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran berbantuan audiovisual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Data dari berbagai jurnal dikumpulkan dan digabungkan untuk mendapatkan kesimpulan secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri jurnal-jurnal melalui aplikasi Google Scholar. Penelitian ini melibatkan 10 artikel penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji heterogenitas. Selanjutnya, effect size dihitung untuk mengevaluasi sejauh mana penggunaan strategi pembelajaran menggunakan audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Analisis data dilakukan dengan menghitung besarnya pengaruh (effect size). Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran menggunakan audiovisual memiliki dampak besar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Rentang pengaruh berkisar antara 4,33% hingga 36,55%, dengan rata-rata sebesar 13,787%. Hasil penghitungan effect size menunjukkan angka 1,65. Temuan penelitian ini mendukung bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan bantuan media audiovisual mempunyai penting dalam upaya meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.

 

Penelitian Meta analisis bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran berbantuan audiovisual terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Data dari berbagai jurnal dikumpulkan dan digabungkan untuk mendapatkan kesimpulan secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri jurnal-jurnal melalui aplikasi Google Scholar. Penelitian ini melibatkan 10 artikel penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji heterogenitas. Selanjutnya, effect size dihitung untuk mengevaluasi sejauh mana penggunaan strategi pembelajaran menggunakan audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Analisis data dilakukan dengan menghitung besarnya pengaruh (effect size). Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran menggunakan audiovisual memiliki dampak besar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Rentang pengaruh berkisar antara 4,33% hingga 36,55%, dengan rata-rata sebesar 13,787%. Hasil penghitungan effect size menunjukkan angka 1,65. Temuan penelitian ini mendukung bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan bantuan media audiovisual mempunyai penting dalam upaya meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.


Keywords


Audiovisual, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Meta Analisis

References


Anggraini, R. (2018). fektivitas Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 125-134.

Ardianto, D. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 3(1), 45-52.

Ayu, S. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Menggunakan Audiovisual terhadap Pemecahan Masalah Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 45-55.

Azizah, N. &. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Puisi Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 19-27.

Duskri. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Siswa melalui Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Media Audiovisual. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 45-55.

Ekaswari, N. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Sq3r (Survey, Question, Read, Recite, Review) Dengan Media Audiovisual Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Journal of Education Action Research.

Fatonah, D. (2019). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa SD Negeri 1 Sukamaju. Scholastika Jurnal.

Hartutik, T. (2021). Penerapan Project Based Learning (PjBL) dengan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX D MTsN 2 Pidie Jaya Bahasa Indonesia. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Indrayani, I. &. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 5(2), 81-89.

Mardianis. (2022). Penerapan Model Direct Istrucion dan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Mukiyastuti, E. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Menanggapi Penjelasan Nara Sumber Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN Sindang Barang 3. Jurnal Edukha.

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Yogyakarta: Aswaja Press.

Nugraha, A. (2021). Meta analisis Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbantuan Audiovisual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 20-35.

Nursalam, N. &. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis Media. Jakarta: Salemba Infotek.

Raharjo, T. J. (2018). Teknologi Pembelajaran: Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Rustina, R. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Menggunakan Audiovisual Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbahasa Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10-20.

Siman. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Tumbang Tuan 1. Jurnal Mitra Pendidikan.

Tohriah. (2018). Penerapan Model Picture and Picture Menggunakan Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II. Journal of Education Action Research.

Triana, E. (2022). Kontribusi Model Pembelajaran Menggunakan Audiovisual terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 75-86.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i1.7010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.