ANALISIS FILM KELUARGA CEMARA 2 KARYA ISMAIL BASBETH DITINJAU DARI SEGI TINDAK TUTUR EKSPRESIF (KAJIAN PRAGMATIK)

Amelia Ratna Sari, Rr. Sulistyawati

Abstract


Film "Keluarga Cemara 2" karya Ismail Basbeth merupakan kelanjutan dari film "Keluarga Cemara" yang diadaptasi dari novel karya Arswendo Atmowiloto dan dirilis pada tahun 2018. Dalam film ini, kehidupan manusia dipresentasikan secara jelas, termasuk interaksi, komunikasi, dan konflik yang dihadapi oleh tokoh-tokohnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif dalam film tersebut. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif terhadap dialog-dialog dalam film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 19 bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif dalam film ini, yaitu: 5 bentuk tindak tutur ekspresif meminta maaf, 5 bentuk tindak tutur ekspresif berterima kasih, 3 bentuk tindak tutur ekspresif memuji, 3 bentuk tindak tutur ekspresif mengkritik, dan 3 bentuk tindak tutur ekspresif sindiran. Tidak ditemukan contoh tindak tutur ekspresif dalam bentuk menyampaikan ucapan selamat dan menyatakan belasungkawa. Bentuk tindak tutur ekspresif yang paling umum adalah meminta maaf dan berterima kasih. Hasil dari penelitian ini dapat memperkaya pemahaman tentang penggunaan tindak tutur ekspresif dalam konteks film, serta memberikan wawasan baru mengenai representasi komunikasi interpersonal dalam karya audiovisual.

Keywords


Film Keluarga Cemara 2; Tindak tutur Ekspresif; Pragmatik

References


Apriastuti, N. N. A. A. (2019). Bentuk, fungsi dan jenis tindak tutur dalam komunikasi siswa di kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 48-58.

Artati, A., Wardhana, D. E. C., & Basuki, R. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Asertif, Direktif, Ekspresif, Komisif, dan Deklaratif pada Program Gelar Wicara Mata Najwa. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 43-57.

Frandika, E., & Idawati. (2020). Tindak Tutur Ilokusi dalam Film Pendek “Tilik (2018).” Pena Literasi : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 14, 61–69.

Hartono, L. A. A. (2015). Teknik Humor Dalam Film Warkop DKI. Jurnal E-Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya, 3(1), 1–10.

Imaniar. (2013). Penggunaan Tindak Tutur Ekspresif Kalangan Remaja Di Kota Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra Untad, 2(1), 74646.

Insani, E. N., & Sabardila, A. (2016). Tindak Tutur Perlokusi Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Xi Smk Negeri 1 Sawit Boyolali. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(2), 176.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10.

Mardiah, S. (2020). Tindak tutur ekspresif dalam percakapan nonformal siswa di madrasah aliyah muhammadiyah palu. BAHASA DAN SASTRA, 5(1).

Murti, S., Nisai Muslihah, N., & Permata Sari, I. (2018). Tindak Tutur Ekspresif dalam Film Kehormatan di Balik Kerudung Sutradara Tya Subiakto Satrio. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 17–32.

Nisa, A. K. A., Trrisnawati, Y., & Prihatini, A. (2021). Tindak Tutur Ekspresif Tokoh dalam Novel Pulang-Pergi Karya Tere Liye. Mabasan: Masyarakat Bahasa & Sastra Nusantara, 15(2), 365-380.

Nugrawiyati, J. (2018). Media audio-visual dalam pembelajaran bahasa arab. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1), 97-111.

Rikarno, R. (2015). Film dokumenter sebagai sumber belajar siswa. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 17(1), 129-149.

Saleh, R., & Marnetti, M. (2020). Sindiran dan Makian Dalam Unggahan di Facebook Pascadebat I Pilpres 2019. Sawerigading, 26(1), 43-54.

Sari, W., Bahri, A., & Alam, A. S. (2022). Tindak Tutur Ekspresif Berdasarkan Latar Belakang Ekonomi Peserta Didik dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia:(Tinjauan Pragmatik). Jurnal Konsepsi, 11(2), 214-222.

Septiani, N & Mulyaningsih, I. (2022). Tindak Tutur Ekspresif pada Caption Status Masyarakat Pengguna Facebook. Jurnal Dummy: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (1), 1-11.

Sholihah, H. A. A., Koeswardani, N. F., & Fitriana, V. K. (2018). Metode Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa SMP. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 160-167.

Wahyuni, S. T., Retnowaty, & Ratnawati, I. (2018). Tindak Tutur Ilokusi pada Caption Akun Islami di Instagram. Jurnal Basa Taka, 1 (2), 11–18.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i1.7056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.