EKSPRESI VERBAL BUNYI KONSONAN BAHASA INDONESIA PENDERITAAUTISTIC SPECTRUM DISORDER DEWASA

Drs. Ali ,M.M.

Abstract


Abstrak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Chomsky. Teori tersebut mengatakan: untuk penelitian kompetensi anak, bahwa jika dalam tuturan anak terdapat penggunaan kaidah yang berulang-ulang muncul dan tetap, maka gejala itu dapat dijadikan bukti bagi kompetensi bahasa anak pada tiap-tiap tahap perkembangan bahasa mereka. Permasalahan yang diuraikan dalam penelitian ini adalah 1. Konsonan apa saja yang  terganggu dalam bahasa penderita Autistic Spectrum disorder dewasa di Medan? 2. Konsonan apa saja yang sudah diperoleh penderita autistic spectrum disorder dewasa di Medan?, 3. Model terapi wicara apa yang ditawarkan pada penderita itu? Analisis data dilakukan dengan criteria kemunculan komprehensibilitas yaitu suatu elemen yang diujarkan anak dianggap sebagai refleksi kompetensi, bila elemen yang dipakai anak dalam produksi komunikasinya telah menunjukkan adanya koherensi semantis dengan elemen-elemen lain dalam ujaran tersebut. Dengan kriteria ini diketahui kemunculan ujaran bahasa Indonesia, sering muncul dan benar, muncul tetapi salah, dan tidak muncul. Dari kriteri kemunculan itu didapat simpulan bahwa:a) bunyi konsonan bahasa Indonesia benar-benar dikuasai anak, bunyi konsonan bahasa Indonesia sedang dalam proses belajar atau sedang dikuasai anak, dan b) bunyi konsonan bahasa Indonesia yang akan dikuasai anak. Hasil sementara diperoleh bahwa anak ASD yang berusia 17-24 tahun ini ternyata belum memperoleh bunyi konsonan [r], [g], [c], [s], [ʃ ], [z].

Kata Kunci:Ekspresi verbal bunyi konsonan, autistic spectrumdisorder

Abstract.The theory used in this research is the theory proposed by Chomsky. The theory says: for the study of the competence of the child, that if in the child's utterance there is the use of repetitious and fixed rules, then the symptoms can be used as evidence for the language competence of the child at each stage of their language development. The problems described in this study are 1. What consonants are disturbed in the language sufferers Autistic Spectrum disorder adult in Medan? 2. What kind of consonants have the autistic spectrum disorder suffered in Medan ?, 3. What model of speech therapy is offered to the patient? Data analysis is done with criteria of emergence of comprehensibility that is an element that is said by child is considered as a reflection of competence, if the element used by child in his communication production has shown coherence semantis with other elements in that utterance. With these criteria is known the emergence of speech Indonesian, often appear and correct, appear but wrong, and does not appear. From the criteria of the emergence it is concluded that: a) the sound of Indonesian consonant is completely controlled by the child, the sound of Indonesian consonant is in the process of learning or being controlled by the child, and b) the sound of Indonesian consonant which will be controlled by the child. The interim results obtained that this 17-24 year old ASD boy has not yet received the consonant sounds [r], [g], [c], [s], [ʃ], [z].

Keywords:Verbal expression of consonant sounds, autistic spectrum disorder


Full Text:

##PDF##

References


Aitchison. 1994. Words in the Mind: An Indtroduction to the Mental Lexicon. Oxford: Blackwell Publishers.

Blumstein, Sheila E. 1973. A Phonological Investigation of Aphasic Speech. The Hague: Mouton.

Blumstein, Sheila E. 1994. “Neurolinguistics: An Overview of Language-Brain” dalam Language: Psychological and Biological Aspects, ed. F.J. Newmeyer, 210-36. cambridge: Cambridge University Press.

Chomsky, N. 1968. Language and the Mind. New York: Harcourt Brace Jovanovitc

Dardjowidjojo, Soenjono. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Geschwind, Norman. 1981. “Specialization of the Human Brain” dalam Human Communication: Language and Psycholobiological Bases, Reading from Scientific America, ed. William S-Y.Wang, 110-19. Sanc Fransisco: W.H. Freeman and Company.

Gustianingsih. 2005. “Produksi dan Komprehensi Bentuk-Bentuk Ujaran Bahasa Indonesia Pada Anak Autistik: Tinjauan Neuropsikolinguistik”. Prosiding Linguistik ASEAN IV. Singapura: Rancangan Penubuhan Persatuan Linguis ASEAN.

Gustianingsih. 2007. “Pemerolehan Ujaran Koordinatif Bahasa Indonesia Pada AnakUsia Prasekolah”. Prosiding Seminar Internasional Antar Bangsa Linguistik

Pemberdayaan Bahasa Melayu ke-3. UPM – Malaysia

Gustianingsih. 2014. “Gangguan Fonologis Bahasa Indonesia Indonesia Pada PenderitaAutisticSpectrum Disorder. Di Kota Medan. (Hasil Penelitian Hibah Bersaing DiktiTahun Anggaran 2014-2015.

Kohn, Susan E. 1993. “Phonological Production Deficits in Aphasia” dalam Phonological Process and Brain Mechanisme, ed. H.A. Whitaker, 93-117. New York: Springer Verlag.

Simanjuntak, M. 1977b. Language, Dictionaries and Nation Building: A Neurpsycholinguistic Perspective. Tokyo: ILCAA, Tokyo University of Foreign Studies.

Suhardiyanto, Totok. 1994. “Bahasa dan Saraf Pusat”. Makalah dalam Kongres Linguistik Nasional MLI, Palembang, 1 – 5 Juni 1994.

Suhardiyanto, Totok. 2000. “Kecendrungan gejala Kesalahan Segmental Pada Seorang Penderita Afasia Broca”. Tesis Magister. Jakarta : FIB UI.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.