PENGARUH MODEL VISUAL, AUDITORY, KHINESTHETIC FLEMING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMK PAB 3 MEDAN ESTATE

Dra. Deliani,M.Si

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran “ Visual, Auditory, Khinesthetic Fleming” dalam menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK PAB 3 Medan Estate. Populasi adalah siswa kelas X AK dan kelas X PK yang berjumlah 80 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode  post-test only design group. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penugasan yakni menulis karangan deskripsi adalah dengan essay test atau tes tulis. Dari hasil pengolahan data, diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 79,25 dengan standar deviasi 7,03 sedangkan kelas kontrol diperoleh rata- rata 68,5 dengan standar deviasi 6,9. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 6,935 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan= 5% dengan , maka diperoleh taraf signifikan 5% = 1,982 (dengan interpolasi). Kemudian dibandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel 6,935 > 1,982 sehingga Ha(Hipotesis Alternatif) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Visual, Auditory, Khinesthetic Fleming terhadap pembelajaran menulis karangan deskripsi lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Picture and picture.

Kata Kunci:Visual, Auditory, Khinesthetic Fleming, Kemampuan Menulis, Karangan Deskripsi.

Abstract. This study aims to determine whether there is influence of learning model "Visual, Auditory, Khinesthetic Fleming" in writing essay description of students of class X SMK PAB 3 Medan Estate. The population is the students of class X AK and class X PK totaling 80 people. The method used in this research is experimental method that is post-test method only design group. Instruments used to capture the assignment data that is writing essay description is by essay test or write test. From the data processing, the average of experiment class is 79,25 with standard deviation of 7.03 while control class is obtained 68,5 average with standard deviation 6,9. Thus it can be said that the value of the experimental class is higher than that of the control class. After hypothesis testing, the value of tct = 6.935 is then consulted with ttable at significant level = 5% with , hence obtained significant level 5% = 1,982 (with interpolation). Then compared between thitung with ttable obtained tcount> ttable 6,935 > 1,982 so obtained Ha (Alternative Hypothesis) accepted. Based on the data analysis can be concluded that the use of Visual learning model, Auditory, Khinesthetic Fleming on learning writing essay description more effective than the model of learning Picture and picture.

Keywords: Visual, Auditory, Khinesthetic Fleming, Writing Ability, Essay Description.


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Enre, F. 1988. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Kanisius.

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Keraf, G. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Nurgiyantoro, B. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Sanjaya. W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Semi, A. 1990. Menulis efektif. Padang: CV Angkasa Raya.

Suyanto dan Jihad, S. 2013. Guru Profesional. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tarigan, H.G. 2005.Menulis. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.