MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH DENGAN PENDAMPINGAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 024184 BINJAI

Dra. Herniwati

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan ketrampilan membaca Indah dengan pendampingan pada siswa Kelas VI SD dengan membaca bahan bacaan yang disediakan guru. Serta bagaimana kreatifitas dan kemampuan guru dalam melaksankan pembelajaran di dalam kelas. Rumusan Masalah yang diajukan adalah: Bagaimana keaktifan dan kemampuan membaca Indah pada siswa Kelas VI SD Negeri 024184 Binjai. Penelitian tindakan Kelas ini dilakukan dua siklus dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang terdiri atas empat komponen, yaitu: perencanaan, aksi/tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam membaca Indah adalah kemampuan siswa dengan daya serap 72,50 % pada siklus I dan menjadi 84,60% pada siklus II, dan siswa sangat termotivasi menentukan keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dalam kelas.

Kata Kunci: Membaca Indah, Pendampingan

Abstract. This study aims to find out how to improve the skills of reading Beautiful with assistance to students of Class VI SD by reading reading material provided by the teacher. And how the creativity and ability of teachers in melaksankan learning in the classroom.Proposed Problem formulation is: How activeness and ability to read Beautiful at student of Class VI SD Negeri 024184 Binjai.Classroom action research was conducted two cycles using a model developed by Kurt Lewin consisting of four components: planning, action / action, observation and reflection.The result of this research concludes that students' learning achievement in reading Beautiful is the ability of students with absorption 72,50% in cycle I and 84,60% in cycle II, and students are very motivated to determine the success of Teaching and Learning Activities (KBM) in class.

Keywords: Beautiful Reading, Assistance


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto, S. 1983. Dasar-dasar evaluasi pendidikan, prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara.

Ausebel, D.P, 1963. The Psychology of meaning Verbal Learning. New York, grune & Srattim

Baso, M. 1999.Kapita Selekta Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Alkon Training.

De Porter,B.M.dkk.2000. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Depdikbud, 1994. Garis-garis Besar program Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Sekolah Dasar. Jakarta: Dikdasmen.

Hopkins, David. 1985. Teaching’s Guide the Classroom Research. Philadelphia: Open University, Milton Keynes.

Mc, Niff, jean. 1992. Action Research, principle and Practice. New York, Rontledge Champman & Hall, Inc.

Muchlisoh, dkk. 1992. Materi Pokok pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nasution, S. 1992. Metodologi Penulisan Neturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. 1997. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar baru.

Supriadi, dkk. 1995. Materi Pokok pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Bagian proyek peningkatan mutu guru SD, Setara D-II 1995.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.