UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI KKGSEKOLAH DI SD NEGERI 024772 BINJAI

Naimah S.Pd.

Abstract


Abstrak.Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua sampai tiga kali  pertemuan. Adapun subyek penelitian ini adalah guru-guru di Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar melalui KKG Sekolah  di SD Negeri 024772 Binjaiyang terdiri dari delapan orang guru bidang studi.Dari hasil pelaksanaan penelitian diperoleh data sebagai berikut: Nilai rata-rata observasi skenario pembelajaran dengan nilai 77,00 dengan Kategori “C” di siklus I menjadi 82,50 dengan Kategori “B” di siklus II, maka terdapat peningkatan 3,50 pada siklus II. Kemudian dalam kegiatan penilaian pelaksanaan pembelajaran dengan  nilai rata-rata 78,67 dengan Kategori “C” di siklus I menjadi 88,33 dengan Kategori “A” di siklus II maka terdapat peningkatan 9,66 pada siklus II.Melihat nilai rata-rata yang diperoleh  dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa dari siklus I ke siklus II , terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh dari masing-masing komponen yang di observasi maupun yang dinilai, yang berarti pembinaan dan bimbingan melalui pendekatan diskusi kelompok kerja guru (KKG) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

Kata Kunci: Lingkungan Sebagai Sumber Belajar, KKG Sekolah

Abstract. This study was designed in the form of Action Research School consisting of two cycles, where each cycle was carried out in two to three meetings. The subjects of this study were teachers in Efforts to Improve Capability Teachers In School Environment Utilizing as a Source of Learning through KKG School SD NegeriBinjai 024772 which consists of eight studies teachers.From the results of the implementation of the research data showed the following: The average value of observation learning scenario with a value of 77.00 by the category "C" in the first cycle to 82.50 by Category "B" in the second cycle, then there is an increase of 3.50 in cycle II. Later in the implementation of learning assessment activities with an average value of 78.67 by the category "C" in the first cycle to 88.33 by Category "A" in the second cycle then there is an increase of 9.66 in the second cycle. Seeing the average value obtained from the results of this analysis we can conclude that from the first cycle to the second cycle, an increase in the average value obtained from each of the components to be observed and assessed, which means coaching and guidance through the approach of group discussions working teachers (KKG) can improve the ability of teachers in the use of the school environment as a learning resource.

Keywords: Environment as a Learning Resource, KKG School


Full Text:

##PDF##

References


Badru Zaman, dkk. 2005. Media dan Sumber Belajar TK. Buku Materi Pokok PGTK 2304. Modul 1-9. Kab.Asahan Universiats Terbuka.

Ekowati, Endang. 2001. Stategi Pembelajaran Kooperatif. Modul Pelatihan Guru Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Kab.Asahan : Depdiknas.

Kasianto, I Wayan 2004 Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Diskusi Kelompok. Laporan Penelitian Kelas. Tidak dipublikasikan

Rusyan Tabrani. 2001. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.

Sarman, Samsuni S.Pd. 2005. Implementasi Pendekatan Works Based Learning pada Sumber Belajar Masyarakat dalam Pembelajaran PS-Ekonomi. Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.

Sutrisno Hadi, 2000. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.