TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMA PRAYATNA MEDAN

Nila - Safina

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran “Creative Problem Solving” dalam menulis karangan narasi siswa kelas X yang berjumlah 80 orang. Sampel yang berjumlah 80 orang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Two Group Design Post-test. Instrumen yang digunakan adalah Essay Test atau tes tertulis, yaitu menulis karangan narasi dengan memberikan satu permasalahan. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 75,5 dengan standar deviasi 8,78. Sedangkan rata-rata nilai kelas control adalah 69,5 dengan standar deviasi 8,5. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,125 selanjutnya disesuaikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = (n1+n2) – 2 = (40+40) – 2 = 78, maka diperoleh taraf signifikan 5% = 1,982 (dengan interpolasi). Kemudian dibandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel 3,125 > 1, 982 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu menyatakan bahwa model Creative Problem Solving mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi dibandingkan dengan model Enquiry-Discovery Learning pada siswa kelas X SMA Prayatna Medan.

Kata Kunci:  Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan                              Menulis Karangan Narasi

Abstract. This study aims to determine whether there is influence of learning model "Creative Problem Solving" in writing essay of class X students who numbered 80 people. The sample of 80 people is divided into two groups, namely the experimental class group and the control class group. The method used in this research is Two Group Design Post-test method. The instrument used is Essay Test or written test, which is writing narrative essay by giving one problem. From the data processing, the average value of the experimental class is 75,5 with standard deviation of 8.78. While the average value of the control class is 69.5 with the standard deviation of 8.5. Thus it can be said that the average value of the experimental class is higher than that of the control class. Hypothesis testing is done by using "t" test. After hypothesis testing is obtained tcount = 3.125 then adjusted to ttable at 5% significant level with dk = (n1 + n2) - 2 = (40 + 40) - 2 = 78, hence obtained significant level 5% = 1,982 (with interpolation). Then compared between tcount with ttable obtained tcount> ttable 3,125> 1, 982 so it can be concluded that Ha accepted that stated that Creative Problem Solving model have influence in improving student ability in writing essay compared with Inquiry-Discovery Learning model in student of class X SMA Prayatna Medan.

Keywords: Creative Problem Solving Learning Model, Writing Capability of                          Narrative Writing


Full Text:

##PDF##

References


Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Bandung: Rajawali Pers.

Finoza, L. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Istarani dan Ridwan, M. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.

Keraf, G. 2005. Argumentasi danNarasi. Jakarta: Gramedia.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.