UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MEMBUAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM 2013 MELALUI KKG SEKOLAH DI SD NEGERI 020260 BINJAI
Abstract
Abstrak. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan di SD Negeri 020260 Kecamatan Binjai Utara dan masalah yang diteliti adalah bagaimana meningkatkan kemampuan guru membuat perencanaan pembelajaran sesuai kurikulum 2013 .Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan pada guru tentang langkah-langkah teknis bagaimana membuat perencanaan pembelajaran yang baik dan benar. Dari hasil pelaksanaan penelitian diperoleh data sebagai berikut: Nilai rata-rata Perencanaan Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 Pada Pra Sikus adalah dengan nilai 78,33 dengan Kategori “C” kemudian di siklus I meningkat menjadi 81,67 dengan Kategori “B” kemudian di siklus II Nilai Rata-Rata Perencanaan Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 meningkat menjadi 89,45 dengan kategori “A”. Dengan demikian terdapat peningkatan kemampuan guru dalam membuat Perencanaan Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 melalui KKG Sekolah di SD Negeri 020260 Binjai.
Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran, Kurikulum 2013, KKG Sekolah
Abstract. Action Research School (PTS) is implemented in primary schools 020 260 District of North Binjai and issues examined are how to improve the ability of teachers to plan appropriate learning curriculum in 2013 The results of research are expected to provide feedback to the teacher about the technical steps how to create a good learning plan and right. From the results of the implementation of the research data showed the following: The average value Appropriate Curriculum Lesson Planning 2013 In Pre Sikus is the value of 78.33 by the category "C" and then in the first cycle increased to 81.67 by Category "B" and then in the second cycle Average value of Learning Appropriate Curriculum Planning in 2013 increased to 89.45 with category "A". Thus there is an increase in the ability of teachers to create learning Planning Appropriate Curriculum 2013 through KKG 020 260 School SD Negeri Binjai.
Keywords: Lesson Planning, Curriculum 2013, KKG School
Full Text:
##PDF##References
Kasianto, I Wayan. 2004. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Diskusi Kelompok. Laporan Penelitian Kelas. Tidak dipublikasikan
Rusyan Tabrani. 2001. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.
Sosial Bandura. 2002. Sebagaian besar yang dialami manusia tidak dibentuk konsekwensi-konsekwensi, melainkan manusia manusia tersebut belajar dari suatu model tertentu.
Suryadi, Ace & H.A.R. Tilar. 1992. Analisis Kebijakan: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryasubrata, Sumadi. 1987. Psikologi Pendidikan. CV. Rajawali, Jakarta
Sutrisno, Hadi, 2000. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta : Andi
Teknis Penelitian Tindakan Sekolah ,Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah SD,Jakarta.
______(2007) Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Pada Kegiatan Pengembangan Propesi Guru. .Direktorat Tenaga Kependidikan.
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.726
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id