PENGGUNAAN METODE SB3M UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 020266 BINJAI

Nurlela S.Pd.

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 020266 dapat meningkat dengan menggunakan metode SB3M. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 020266 Binjai dengan jumlah responden 20 siswa. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui hasil tes dan hasil observasi. Berdasarkan hasil tindakan diperoleh Kemampuan awal pemahaman membaca siswa sebelum diberi perlakuan hanya rata-rata mencapai 54,87 atau dengan katagori sangat kurang. Setelah diberi tindakan selama siklus I dalam beberapa pertemuan, maka rata-rata kemampuan siswa meningkat hingga mencapai 64,12 dan berada pada level cukup dan hal ini belum mencapai target yang diharapkan sesuai dengan indikator kerja walaupun ada peningkatan secara skor rata dari 54,87 menjadi 64,12,  Setelah siklus II berakhir yang juga merupakan akhir dari penelitian ini, maka ada peningkatan yang sangat signifikan mengenai kemampuan membaca siswa mencapai angka 75,12 dan berada pada level baik dan nilai sudah mencapai indikator dengan rentangan nilai antara 75–84. Tetapi pencapaian indicator berada pada level minimum saja. Dengan demikian Penggunaan Metode SB3M Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 020266 Binjai.

Kata Kunci: Metode SB3M, Pemahaman Membaca

Abstract. This study aims to find out how to improve the learning outcomes of Indonesian students grade IV Elementary School 020266 can be increased by using the SB3M method. The subject of this research is the fourth grade students of SD Negeri 020266 Binjai with the number of respondents 20 students. Data from this study were collected through test results and observation results. Based on the results of the action obtained Early ability of reading comprehension before the students were given treatment only average reached 54.87 or with very less category. After being given an action during cycle I in several meetings, the average student ability increased to 64.12 and was at a sufficient level and this has not reached the expected target according to the work indicator although there was an increase in the average score from 54.87 to 64.12 After the end of the second cycle, which is also the end of this study, there is a very significant increase in the reading ability of the students reaching 75.12 and is at a good level and the value has reached the indicator with a range of values between 75-84. But The achievement of the indicator is at the minimum level. Thus the Use of SB3M Methods To Improve Reading Understanding Ability in Indonesian Subjects Grade 4 of Elementary School Elementary School 020266 Binjai.

Keywords: SB3M Method, Reading Comprehension


Full Text:

##PDF##

References


Ali, M. 1987. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineke Cipta

Anshari, K. 1994. Penggunaan Artikel Ilmiah. Makalah Disajikan dalam Gelegar Bulan Bahasa. FBS. Universitas Negeri Medan

Depdikbud. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas, 2000. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bidang Pendidikan, Sebagai Pengembangan Propesi Guru, Jakarta.

Hasan, A. 2002. Tata Bahasa Buku Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Hasmah, H.J. 1988. Teori Komposisi. Jakarta: Inter Nusa

Keraf, G. 1991. Diksi dan Gaya Bahasa. Flores: Nusa Indah

Kosasih. 2003. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama widya.

Koesworo, FX dkk. 1994. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Soedjito. 1990. Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.