MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA PETA MELALUI PERMAINAN PEMILAHAN KARTU PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 028226 BINJAI TIMUR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Suria - Afrida

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca peta pada siswa kelas IV SD Negeri 028226 Binjai melalui permainan pemilahan kartu.Setting dan subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 028226 Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 29 siswa.Adapun prosedur penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dengan tes yang berupa tes kemampuan membaca peta dan non tes yang berupa observasi, wawancara, jurnal siswa. Adapun pencapaian siklus yang di dapata pada proses penelitian berlangsung adalah pada Prasiklus I mencapai nilai rata-rata 62,0. Pada Siklus I mencapai nilai rata-rata 64 dan pada Siklus II nilai rata-rata yang di capai 75,2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran membaca peta Provinsi Sumatera Utara dengan teknik pemilahan kartu, nilai rata-rata yang diperoleh siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan kemampuan siswa diikuti dengan perubahan perilaku dari negatif menjadi positif.

Kata Kunci: Membaca Peta, Permainan kunci

Abstract. The purpose of this class action research is to improve the ability to read a map at the fourth grade students of SD Negeri Binjai 028226 through the card sorting game.Setting and subjects of this study is the fourth grade students of SD Negeri Binjai 028226 in the school year 2016/2017 the number of 29 students.The procedure of this study was conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. Data retrieval test in the form of map reading ability test and non-test the form of observations, interviews, journals students. The achievement of the cycle in dapata the ongoing research process is on Prasiklus I achieve value - average 62.0. In Cycle I achieve value-average 64 and in the second cycle value-average which achieved 75.2. The results showed that after participating in learning to read maps of North Sumatra province with a card sorting techniques, the average value obtained by students has increased significantly. Improving the ability of students, followed by behavioral changes from negative to positive.

Keywords: reading map, key games


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto Suharsimi, Suharjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Melvin S. Siberman. 2004. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusantara dan Nuansa.

Suharyono dan Much. Amien. 1994. Pengantar Filsapat Geografi. Jakarta: Dirjen Dikti.

Sukwarjono dan Sukoco. 1993. Pengetahuan Peta. Yogyakarta: UGM.

WJS Purwodarminto. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.