PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA PARULIAN 2 MEDAN

Drs. Ali ,M.M.

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh teknik pembelajaran discussion starter story terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Swasta Parulian 2 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Parulian 2 Medan Medan sebanyak 86 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 44 orang, 22 orang untuk kelas eksperimen dan 22 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah  72.18, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 66.54. Dari perhitungan uji “t” diperoleh thitung = 3.37 pada taraf signifikan α = 5 % dari daftar distribusi t dk (N1+N2)-2 = 22+22-2 = 42. Maka diperoleh ttabel = 2.02 jadi thitung>ttabel = 3.37> 2.02. Dengan demikian Ha diterima jika ttabel<thitung>ttabel (2.02<3.37>2.69) maka hipotesis alternatif diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Teknik Discussion Starter Story lebih berpengaruh dibandingkan pembelajaran menulis cerpen dengan metode Ekspositori oleh siswa kelas XI SMA Swasta Parulian 2 Medan .

Kata Kunci : Pengaruh, Discussion Starter Story, Menulis Cerpen.

Abstract. The purpose of this research is to explain the effect of discussion starter story technic learning for prose writing skill for student on 11st class 2nd  Parulian High School at Medan City. The population in this research is all student on 11st class 2nd  Parulian High School at Medan City. The sample is take to be random sampling totally class of 44 students. 22 students for experiment class and 22 students for control class. The methode has used in this research is experimental method. The instrument has be used is prose writing skill by the workfull. The average for experiment class is 72.18, but  the average of control class is 66.54. the result of  t test is has been tresult is 3.37, for significan value α = 5 % of t distribution table dk (N1+N2) -2 = 22+22-2=42. And  resulted ttable = 2.02 so tresult> ttable =3.37>2.02. based on in this result Ha is accepted. The conclusion is the learning by Discussion Starter Story is very effective Technic than use by Expository Methode for prose writing skill  for student on 11st class 2nd  Parulian High School at Medan City on 2014/2015 learning periode.

Keyword: Effectivity, Discussion Starter Story, Prose Writing Skill


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekata praktek. Jakarta: Balai Pustaka.

Sudjana. 2001. Metode dan teknik pembelajaran partisipasif. Bandung: Falah Production.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika . Bandung : PT Tarsito.

Sugiyono, KS. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & d. Bandung : Alfabeta.

Waluyo, Herman J. 2001. Apresiasi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.