PENGEMBANGAN MATERI AJAR TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN VLOG (VIDEO BLOG) PADA SISWA KELAS X SMA

Tiopiolina Tiopiolina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Proses Pengembangan Materi Ajar Teks Biografi Menggunakan Vlog (Video Blog) Pada Kelas X SMA. (2) Untuk mengetahui kelayakan Materi Ajar Teks Biografi Menggunakan Vlog (Video Blog) Pada Siswa Kelas X SMA. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAS Eria Medan. Metode pada pengembangan dan penelitian ini menggunakan Metode Research & Development (R&D) dan Penelitian ini mengacu pada model Borg and Gall yang dimodifikasi dari Sugiyono (2017: 54), model ini meliputi 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian, 9) Revisi Produk, 10) Produk Masal. Namun, pada pengembangan dan penelitian ini, peneliti membatasi langkah-langkah pengembangan hanya sampai pada 5 tahap, yaitu: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, dan 5) Revisi Desain. Hasil dari pengembangan dan penelitian ini memiliki tingkat kevalidan dan kelayakan ahli materi pembelajaran adalah 85% yang termasuk kategori layak. Serta memiliki tingkat kevalidan ahli desain media 85,2 % yang termasuk kategori layak. Serta penilaian dari guru mata pelajaran yaitu 87,5 %.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i1.7307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.