PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA SWASTA NURUL AMALIYAH

Dra. Deliani,M.Si

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi oleh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah Tg. Morawa . Populasi adalah siswa kelas X SMA yang berjumlah 72 orang, sebagai sampel total dengan kategori kelas eksperimen 36 siswa dan kelas kontrol 36 siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen  X-1 dan kelas kontrol X-2 diberikan perlakuan pengajaran menulis karangan argumentasi dengan menggunakan Model Pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan pengajaran menulis karangan argumentasi dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation. Berdasarkan hasil post-test diperoleh hasil sebagai berikut: Hasil belajar siswa dalam menulis karangan argumentasi dengan menggunakan Model Pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) memiliki nilai rata-rata 84,44. Hasil belajar siswa dalam menulis karangan argumentasi yang diajar dengan Model Pembelajaran Group Investigation memiliki nilai rata-rata 76,38. Berdasarkan hasil post-test diperoleh hasil sebagai berikut: Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation dalam menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X SMA Swasta Nurul Amaliyah, hal ini dibuktikan dari hasil pegujian hipotesis dimana thitung> ttabel yaitu  6,522>1,9895.

Kata Kunci: Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition   (AIR), Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi.

Abstract. This study was conducted to determine the effect of Auditory Learning Model, Intelectualy, Repetition (AIR) against the argument essay writing skills by the students of class X SMA Private Nurul Amaliyah Tg. Morawa Learning Year 2016/2017. The population is a class X SMA totaling 72 people, as the sample total by category experimental class of 36 students and the control class of 36 students. This research method is experimental method. The study involved two classes of experimental class X-1 and the control class X-2 was given treatment teaching essay writing arguments using Learning Model Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR), while the control group was treated teaching essay writing arguments using Learning Model Group Investigation. Based on the results of post-test results are as follows: The results of students in essay writing arguments using Auditory Learning Model, Intelectualy, Repetition (AIR) has an average value of 84.44. The results of students in essay writing argumentation taught by Learning Model Group Investigation has an average value of 76.38. Based on the results of post-test results are as follows: Student learning outcomes are taught using Learning Model Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) is higher than the learning outcomes of students taught using Learning Model Group Investigation in essay writing arguments in class X Private School Education Nurul Amaliyah mendenarkan tagun 2016/2017, it is evident from the results of test of hypothesis where thitung> ttabel 6.522> 1.9895.

Keywords: Effects of Auditory Learning Model, Intellectually, Repetition (AIR), Arguments Essay Writing Ability.


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Lib.unnes.ac.id/10942/1/12245.pdf

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.