UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN MELALUI ALAT PERAGA GAMBAR DAN KARTU HURUF BAGI SISWA KELAS I SD NEGERI 023898 KOTA BINJAI

Dra. Masriani

Abstract


Abstrak. Sebagai upaya tindak lanjut pemberdayaan kualitas belajar mengajar, tulisan ini mempelajari berbagai metode mengajar yang tepat untuk pembelajaran berikutnya. Salah satu metode yang sering digunakan dalam pembelajaran bahasa indonesia  adalah metode Gambar. Metode ini menyajikan bagaimana melatih siswa bekerja dengan timnya secara aktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Gambar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 023898 Binjai Timur. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Pembelajaran dengan berbasis Gambar memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (50%), siklus II (100%). Penerapan metode metode Gambar mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil tes siklus siswa, rata-rata jawaban siswa menunjukkan bahwa siswa berhasil dalam pembelajaran dengan menggunakan metode gambar sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar sehingga hasil belajar dapat dicapai.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Gambar, Bahasa Indonesia

Abstract. As As a follow-up effort to empower the quality of teaching and learning, this paper studies the various teaching methods that are appropriate for subsequent learning. One method that is often used in Indonesian language learning is the Image method. This method presents how to train students to work with their teams actively. The formulation of the problem in this study is the use of the Image method that can improve student learning outcomes in learning Indonesian in class I SD Negeri 023898 Binjai Timur. From the results of learning activities that have been carried out for two cycles, and based on the entire discussion and analysis that has been carried out can be summarized as follows: Picture-based learning has a positive impact in improving student learning outcomes which are characterized by increased student learning completeness in each cycle, namely the cycle I (50%), cycle II (100%). The application of the Image method method has a positive influence, which can improve student learning outcomes and motivation as indicated by student cycle test results, the average student answer shows that students succeed in learning by using drawing methods so that they become motivated to learn so that learning outcomes can be achieved .

Keywords: Learning Outcomes, Pictures, Indonesian Language


Full Text:

##PDF##

References


Bandi Delphie. (2006). Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Refika aditama.

Depdiknas. (2006). Kurikulum KTSP SK dan KD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: BNSP.

Direktorat PL. (2006). Informasi Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Luar Biasa.

Emi Dasiemi. (1995). Psikiatri. Surakarta: FKIP UNS.

Mohammad Amin. (1995). Ortopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyono Abdurrahman. (1999). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Mulyono Abdurrahman dan Sudjadi S. (1994). Pendidikan Luar Biasa Umum. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Munzayanah. (1998). Tuna Grahita. Surakarta: PLB FKIP UNS.

Sutjihati Somantri. (1996). Psikologi Anak Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud.

Suharsini Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumadi Suryobroto. (1983). Pembimbing Psycodiagnostik I. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

S. Nasution. (2000). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Syah, Mohibbin. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Usman Moh. Uzer. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Http//:www.tpcommunity.os.com/strategi_memanfaatkan_gambar_media.hm




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.