PENGARUH STRATEGI WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITASISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MEDAN

Dra. Rita, M.Pd.

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi What? so What? Now What? Terhadap Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Medan. Populasi adalah siswa kelas X-8 yang berjumlah 31 orang, dan kelas x-9 MIA yang berjumlah 31 orang. Kelas x-8 MIA sebagai kelas eksperimen dan kelas x-9 MIA sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment). Instrument yang digunakan untuk mengetahui pengaruh strategi what? so what? now what? terhadap kemampuan menulis berita adalah tes penguasaan dengan menugaskan siswa untuk mampu menulis teks berita. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 78.39 sedangkan untuk kelas kontrol 72.58. dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Seteleh dilakukan pengujian hipotesis diperoleh nilai dengan = 3.37. dikonsultasikan dengan  pada dk = 1.67. jadi  yaitu 3.37 > 1.67, sehingga diperoleh  (hipotesis nihil) ditolak, dan (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi What? so What? Now What? lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita, dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Pengaruh, Strategi What? so What? Now What? Menulis Berita.

Abstract. This study aims to find out the effect of what strategies? so what? Now What? Towards News Writing Ability of Class X Students of SMA Negeri 2 Medan. The population is students of class X-8 totaling 31 people, and class X-9 MIA totaling 31 people. MIA class x-8 as an experimental class and MIA x-9 class as a control class. The method used in this study is quasi experiment method. Instrument used to determine the effect of what strategy? so what? now what? the ability to write news is a mastery test by assigning students to be able to write news texts. From the results of data processing, the average experimental class was 78.39 while for the control class 72.58. thus it can be said that the value of the experimental class is higher than the control class. After testing the hypothesis obtained the value with t = count = 3.37. consulted with t_tabel at dk = 1.67. so t_count> t table is 3.37> 1.67, so that H_0 (null hypothesis) is rejected, and H_a (alternative hypothesis) is accepted. Based on the data analysis, it can be concluded that the use of What? so what? Now What? more influential on the ability to write news texts, compared to conventional learning methods.

Keywords: Influence, What Strategy? so what? Now What? Write News.


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah. Aswan . 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana. 2002. Metode Statistic. Bandung: Tarsita

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.