PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASISSTED INDIVIDUALY (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS CERITA RAKYAT OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI

Tepu Sitepu

Abstract


Abstrak. Model pembelajaran Team Asissted Individualy (TAI) merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk belajar lebih aktif dan meningkatkan interaksi antar siswa karena model pembelajaran ini merupakan kolaboratif antara pembelajaran kooperatif dengan pembelajaran individu. Dengan model pembelajaran ini siswa mampu berfikir dan memahami setiap peristiwa yang terjadi dalam menganalisis materi cerita rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran “Team Asissted Individualy (TAI)” dalam menganalisis cerita rakyat siswa kelas X yang berjumlah 67 siswa. Sampel yang berjumlah 67 siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas  eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode untuk melihat akibat atau pengaruh dari suatu perlakuan. Desain yang yang digunakan adalah Post-test only group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa test essay. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 83,59 dengan standar deviasi 11,82. Sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 64,20 dengan standar deviasi 12,18. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji “t”. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = 7,0953 selanjutnya di sesuaikan dengan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan dk= (n1+n2)-2 = (33+34)-2= 65, maka diperoleh taraf signifikan 0,05 = 1,99714 (dengan interpolasi). Kemudian dibandingkan antara thitung dengan ttabel 7,0953> 1,99714 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu menyatakan bahwa model pembelajaran Team Asissted Individualy (TAI) mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan siswa menganalisis cerita rakyat dibandingkan dengan model Talking Stick pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi .

Kata Kunci : Pengaruh Model Pembelajaran Team Asissted Individualy (TAI), Menganalisis Cerita Rakyat.

Abstract. Team Learning model Asissted individualy (TAI) is a learning model that encourages students to learn more actively and increase interaction among students because this model is collaborative between cooperative learning with individual learning. With this model students are able to think and understand every event that happens in analyzing the material folklore. This study aims to determine whether there is influence learning model "Team Asissted individualy (TAI)" in analyzing folklore class X which amounted to 67 students. The sample of 67 students were divided into two groups: the experimental class and control class. The methods used were used in this study is the Post-test only group design. The research instrument used was a test essay. From the data processing obtained by the average value of the experimental class was 83,59 with a standard deviation of 11,82. While the average value of the control class was 64,20 with a standard deviation of 12,18. Thus it can be said that the average value of the experimental class is higher than the control class. Hypothesis testing is done with a 't' test. After testing the hypothesis obtained t = 7,0953 further adjusted by ttable at significant level of 0.05 with df = (n1 + n2) -2 = (33 + 34) -2 = 65, then obtained a significant level of 0.05 = 1.99714 (with interpolation). Then compared between tcount with ttabel 7,0953 > 1.99714 so that it can be concluded that Ha received which stated that the learning model Asissted individualy Team (TAI) have an influence in improving students' ability to analyze folklore than model Talking Stick in class X SMA 3 Tebing Tinggi Learning Year 2016/2017.

Keywords: Effects of Learning Model Team Asissted individualy (TAI), Analyze The Story.


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.