UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU DI KELAS VI SD NEGERI 060936 MEDAN JOHOR

Dra. Darmauli

Abstract


Abstrak.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa padamata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi pokok menanggapi isi cerita secara lisan di Kelas VI SD Negeri 060936 Medan Johor. Dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bamboo. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VI SD Negeri 060936 Medan Johor. Objek penelitian ini adalah peningkatan minat belajar melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas VI SD Negeri 060936 Medan Johor yang berjumlah 30 orang. Pada observasi minat belajar siswa siklus I rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh hanya mencapai 44, persen (%) yang diperoleh sebesar 55%. Dari hasil hitungan observasi siswa siklus I masih tergolong rendah. Pada siklus II rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh yaitu sebesar 69, persen (%) yang diperoleh adalah sebesar 87%.Pada siklus II dapat dilihat bahwa peneliti sudah meningkatkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dengan baik dan perilaku belajar siswa sudah meningkat.

Kata Kunci:minat membaca, pembelajaran kooperatif, tari bambu.

Abstract. The purpose of this research is to know whether cooperative learning model of bamboo dance type can improve student's learning interest in Indonesian subjects on the subject matter to respond to the story content orally in Class VI SD Negeri 060936 Medan Johor. In this research is a kind of action research class (PTK) which aims to improve the learning process in improving the interest of learning Indonesian students by using cooperative learning model of bamboo dance type. Subjects in this study were all students of Class VI SD Negeri 060936 Medan Johor. The object of this research is to increase the interest of learning through the use of cooperative learning model of bamboo dance type in Indonesian language subjects of Class VI SD Negeri 060936 Medan Johor which amounted to 30 people. On the observation of student interest in learning cycle I average the overall value obtained only reached 44, percent (%) obtained by 55%. From the results of the student observation of the first cycle is still relatively low. In cycle II the average overall value obtained is 69, percent (%) obtained is 87%. In the second cycle can be seen that the researcher has increased the use of cooperative learning model of bamboo dance type well and student learning behavior has increased.

Keywords: reading interest, cooperative learning, bamboo dance.


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Djamarah, B, S,dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lie, A. 2010.Cooperative Learning. Jakarta: GRASINDO

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.