PENGARUH TEKNIK MEMBACA SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMPARAFRASEKAN CERPEN“CUT LAYLA” SISWA KELAS XI SMKISTIQLAL DELITUA

Dra. Deliani,M.Si

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh teknik membaca SQ3R terhadap kemampuan memparafrasekan cerpen “Cut Layla” siswa kelas XI SMK Istiqlal Delitua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Pre test-post test control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes memparafrasekan cerpen “Cut Layla” dalam bentuk tes tertulis.Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,51, sedangkan untuk kelas kontrol 69,97. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan memparafrasekan cerpen “Cut Layla” di kelas eksperimen lebih tinggi daripada di kelas kontrol. Dari hasil perhitungan uji t diperoleh harga thitung = 4,848. Jika dibandingkan dengan ttabel  pada dk = 68 yaitu sebesar 1,995. Maka nilai thitung > ttabel atau 4,848 > 1,995, yang artinya bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara teknik membaca SQ3R terhadap kemampuan memparafrasekan cerita pendek siswa kelas XI SMK Istiqlal Delitua teruji kebenarannya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teknik membaca SQ3R berpengaruh signifikan terhadap kemampuan memparafrasekan cerpen “Cut Layla” siswa kelas XI SMK Istiqlal Delitua.

Kata Kunci:teknik membaca, SQ3R, teknik membaca konvensional

Abstract. This study aimed to describe the effect on the ability of the technique to read SQ3R paraphrase short story "Cut Layla" class XI student of SMK Istiqlal Delitua. The method used in this study is the experimental method to the study design test Pre-posttest control group design. The instrument used was a test paraphrasing short story "Cut Layla" in the form of tests Written. Based on calculations, the average value of the experimental class is 78.51, while for the control class 69.97. Thus, it can be said that the average value of short stories paraphrasing ability "Cut Layla" in the experimental group was higher than in the classroom kontrol. From t test calculation results obtained by the price of t = 4.848. When compared with ttabel at dk = 68that is amounted to 1,995. Then tcount> ttable or 4.848> 1.995, which means that the alternative hypothesis (Ha) is accepted. Thus, the hypothesis that there is significant influence between reading techniques SQ3R on the ability paraphrase short story class XI student of SMK Istiqlal Delitua verified. So tested, it can be concluded that the techniques SQ3R significant effect on the ability of paraphrasing short story "Cut Layla "a class XI student of SMK Istiqlal Delitua.

 

Keywords:reading technique, SQ3R, conventional reading techniques 


Full Text:

##PDF##

References


Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Husnul, A dan Nugraha, M.I. 2010. Membaca Memindai. Bogor: Quadra.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Kencana Prenada Media Group.

Soedarso. 2010. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Tarigan, H.G. 2005. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Yustinah, dan Iskak, A. 2008. Bahasa Indonesia Tataran Madia untuk SMK dan MAK kelas XI. Kudus: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.