UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU PADA KOMPETENSI DASAR MENANGGAPI ISI CERITA SECARALISAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 060935MEDAN JOHOR

Lastina Tumanggor

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 060935 Medan Johor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II masing-masing memiliki 2 pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakkukan observasi belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis dengan guru Kelas V SD Negeri 060935  Medan Johor yang dilakukan terhadap 30 orang siswa terdapat 24 orang siswa (80%) yang memiliki minat belajar yang kurang dan 6 orang siswa (20%) yang memiliki minat yang cukup. Kemudian pada siklus I memiliki nilai rata-rata 44 (55%), sedangkan pada siklus II yaitu sebesar 69 (87%). Berdasarkan hasil penelitian dari tes siklus I dengan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menanggapi isi cerita secara lisan di Kelas V SD Negeri 060935 Medan Johor.

Kata Kunci:minat, membaca, kooperatif tipe tari bambu

Abstract. This study aims to determine whether by using cooperative learning model of bamboo dance type can increase student learning interest in Indonesian language subjects in Class V SD Negeri 060935 Medan Johor. This type of research is a classroom action research. This study consists of 2 cycles, cycle I and cycle II each have 2 meetings. At each meeting researchers do observation learning to students, to determine the level of student learning interest. Based on the observations made by the author with the teacher of Class V SD Negeri 060935 Medan Johor conducted on 30 students there are 24 students (80%) who have less interest in learning and 6 students (20%) who have enough interest. Then in the first cycle has an average value of 44 (55%), while in the second cycle that is equal to 69 (87%). Based on the results of the research of the test cycle I with cycle II there is a significant increase, thus it can be concluded that by applying cooperative learning model of bamboo dance type can increase student learning interest in Indonesian subjects the subject of responding to the story content orally in Class V SD Negeri 060935 Medan Johor.

 

Keywords: interest, reading, cooperative type of bamboo dance


Full Text:

##PDF##

References


Djiwandono, S. E. W. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Lie, A. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Muslich, M. 2011. Melaksanakan PTK itu mudah. Malang: Bumi Aksara.

Nasution, S. 2010. Metode Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.