EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN KARTU KUARTET DALAM PEMBELAJARAN KLAUSA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN

Nadra Amalia

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Teknik Permainan Kartu Kuartet dalam Pembelajaran Klausa Siswa Kelas XI Siswa Negeri 14 Medan.Metode penelitian ini bersifat eksperimen semu. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan. Pemilihan sampel dalam dilakukan dalam dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Didapatkan kelas XII IPA2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk menyaring data adalah essay tes.Hasil post test dengan rata-rata 74,75 pada kelas eksperimen dan hasil post test dengan rata-rata (mean) 64,12 pad kelas kontrol. Berdasarkan uji normalitas, hasil post test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homegenitas bahwa data bersifat homogen. Maka diketahui to sebesar 6,602. Selanjutnya, to tersebut dikonsultasikan dengan table t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (N+N)2=781, dari dk = 78 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2 dan 1% =2,65. Dengan demikian, thitung.ttabel, yakni 2<6,602>2,65, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis altenative (Ha) diterima.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa teknik permainan kartu kuartet lebih efektif digunakan dibandingkan dengan teknik pembelajaran konvensional dalam pembelajaran klausa oleh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan.

Kata Kunci:teknik permainan kartu kuartet, pembelajaran klausa

Abstract. This study aims to determine the effectiveness of the Application of Quartet Card Game Techniques in Student Class XI Student Clinic Class 14 Medan. This research method is quasi experiment. Population and sample of this research is all student of class XI SMA Negeri 14 Medan. The sample selection was done in using Cluster Random Sampling. Obtained class XII IPA2 as experimental class and XI IPA3 as control class. The instrument used to filter the data is the test essay. Post test results with an average of 74.75 in the experimental class and post test results with mean (mean) 64.12 in the control class. Based on normality test, post test result stated normal distribution. Then based on the homegeneity test that the data is homogeneous. Then it is known to be 6,602. Furthermore, it is consulted with table t at 5% significance level with dk = (N + N) 2 = 781, from dk = 78 obtained significance level 5% = 2 and 1% = 2.65. Thus, thitung.ttabel, ie 2 <6.602> 2.65, the null hypothesis (Ho) is rejected and the altenative hypothesis (Ha) is accepted. Based on data analysis it can be concluded that quartet card game technique is more effective to use compared with conventional learning technique in learning clause by student of class XI SMA Negeri 14 Medan.

Keywords: quartet card game technique, learning clause.


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineaka Cipta

Ba’dulu, A. M dan Herman M. S. 2005. Morfosintaksis. Jakarta: PT. Rineaka Cipta

Chaer, A. 2003. Seputar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineaka Cipta

Bun, H. 2009. 300 Game Kreatif. Yogyakarta: Gradien Media Utama

Putrayasa, I. B. 2009. Kalimat Efektif; Diksi, Struktur, logika. Bandung: PT. Refika Adiatma

_______. 2008. Analisis Kalimat; Fungsi, Kategori, dan Peran. Bandung: PT. Refika Adiatma

¬¬¬¬_______. 2006. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Refika Adiatma




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.