MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU PADA POKOK BAHASAN MENANGGAPI ISI CERITA SECARA LISAN DI KELAS VA SD NEGERI 064988 MEDAN JOHOR

Rotua Sinaga

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe tari bamboo pada pokok bahasan menanggapi isi cerita secara lisan pada siswa kelas V SD Negeri 064988 Medan Johor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu, dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada pokok bahasan menanggapi isi cerita secara lisan di Kelas VA SD Negeri 064988 Medan Johor. Berdasarkan hasil observasi minat belajar siswa siklus I rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh hanya mencapai 44, persen (%) yang diperoleh sebesar 55%. Dari hasil hitungan observasi siswa siklus I masih tergolong rendah. Pada siklus II rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh yaitu sebesar 69, persen (%) yang diperoleh adalah sebesar 87%. Pada siklus II dapat dilihat bahwa peneliti sudah meningkatkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dengan baik dan perilaku belajar siswa sudah meningkat.

Kata Kunci: minat membaca, kooperatif tipe tari bambu

 

Abstract. This study aims to improve the interest of reading students through cooperative learning model of bamboo dance type on the subject of responding to the story content orally in grade V students of SD Negeri 064988 Medan Johor. This research is a classroom action research. Based on the result of the research, it is found that by using cooperative learning model of bamboo dance type, it can increase student's learning interest in Indonesian subjects on the subject of responding to the story content orally in VA Class of SD Negeri 064988 Medan Johor. Based on the observation of student interest in learning cycle I average the overall value obtained only reached 44, percent (%) obtained by 55%. From the results of the student observation of the first cycle is still relatively low. In cycle II the average overall value obtained is 69, percent (%) obtained is 87%. In the second cycle can be seen that researchers have increased the use of cooperative learning model of bamboo dance type well and student learning behavior has increased.

Keywords: interest in reading, cooperative type of bamboo dance


Full Text:

##PDF##

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Lie, A. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo

Muslich, M. 2011. Melaksanakan PTK itu Mudah. Malang: Bumi Aksara.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.