MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V UNTUK MEMAHAMI PUISI MELALUI TEKNIK PARAFRASE DI SD NEGERI 024760BINJAI UTARA

Dra. Rulina

Abstract


Abstrak. Penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami puisi siswa kelas V SD Negeri 024760 Binjai melalui teknik parafrase.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 024760Binjai Utara Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 35 anak. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui 2 (Dua) siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tahap perencanaan, tahap kegiatan dan pelaksanaan yaitu observasi dan wawancara. Dari ketiga siklus dapat kita lihat hasil pencapaian yaitu Pada pra siklus mencapai 0 %, Siklus I mencapai 57,14 % dan pada siklus II mencapai 100 % dapat terlihat ini sangat meningkat dan memuaskan dari setiap pencapaian siklus. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik parafrase hasil belajar siswa dapat meningkat secara signifikan.

Kata Kunci: puisi, teknik parafrase

Abstract. The action research of this class is to improve the ability to understand poetry of class V student of SD Negeri 024760 Binjai through paraphrase technique. Subject in this research is class V student of SD Negeri 024760 Sub District Binjai Utara Lesson Year 2016/2017 with number of student of 35 children. The research procedure is done through 2 (Two) cycles, each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Data collection is done through technique of planning stage, activity stage and implementation that is observation and interview. From the three cycles we can see the results of achievement that is In the first cycle reached 56.29%, Cycle II reached 76.89% and in the third cycle reached 91.85% can be seen is very increased and satisfactory of each cycle achievement. From the results of the study showed that after following the learning by paraphrasing techniques student learning outcomes can be increased significantly.

 

Keywords: poetry, paraphrase technique.


Full Text:

##PDF##

References


Ausebel, D.P, 1963. The Psychology of meaning Verbal Learning. New York, Grune & Srattim

Arikunto, S. 1983. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara.

Baso, M. 1999. Kapita Selekta Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Alkon Training.

Depdikbud.1994. Garis-garis Besar program Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VSekolah Dasar. Jakarta: Dikdasmen.

De Porter, B.M. dkk. 2000. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Nasution, S. 1992. Metodologi Penulisan Neturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Supriadi, dkk. 1995. Materi Pokok pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Bagian proyek peningkatan mutu guru SD, Setara D-II 1995.

Sudjana, N. 1997. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar baru.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.