ANALISIS MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA JURUSAN NON-BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS BINA DARMA

Iskandar Rosyidin, Cita Hikmah Yati

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan menganalisa beberapa fenomena yang dialami oleh para dosen yang mengajar matakuliah bahasa Inggris untuk mahasiswa Non-Bahasa Inggris di Universitas Bina Darma Palembang dengan permasalahan berupa motivasi belajar. Analisa yang dilakukan dimaksudkan untuk mengetahui tinggi rendahnya motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa Inggis serta jenis motivasi apa yang mereka miliki. 60 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling yang diseleksi oleh dosen kelas pada mahasiswa dari berbagai jurusan sebagai responden yang menjawab 15 pertanyaan yang diajukan oleh penulis. Hasil dari kuestioner yang didistribusikan menggambarkan bahwa mahasiswa memiliki tingkat motivasi intrinsik yang rendah dan tingkat motivasi yang sedang untuk motivasi ekstrinsik. Beberapa hal baru yang harus diketahui oleh para dosen bahasa Inggris terdapat pada studi ini.

Kata Kunci: Motivasi, Bahasa Inggris

Abstract. This study aims to analyze some of the phenomena experienced by lecturers who teach English courses for Non-English students at Bina Darma University Palembang with problems in the form of learning motivation. The analysis carried out was intended to find out the level of motivation of students in learning English and what type of motivation they had. 60 students were selected by using purposive sampling selected by class lecturers for students from various departments as respondents who answered 15 questions posed by the author. The results of the distributed questionnaire illustrate that students have a low level of intrinsic motivation and a moderate level of motivation for extrinsic motivation. Some new things that must be known by English lecturers are found in this study.

Keywords: Motivation, English Language


References


Djamarah,S, B. (2002), Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hamzah, B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustaqim. (2004). Psikologi Pendidikan. Fakultas Tarbiah IAIN Walisongo. Pustaka Belajar

Sardiman, A. M, (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Grafindo Persada

Rosjidan et. al. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Malang, FIP Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.