Efektivitas Model Pembelajaran Brainwriting Terhadap Kreativitas Menulis Cerpen Siswa/I Sma Negeri 2 Percut Sei Tuan Menggunakan Metode Pembelajaran Partisipatori Leaerning Tahun Pembelajaran 2022/2023
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aminuddin. (2004). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru .
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Barizi, A., & Idris, M. (2009). Menjadi Guru Unggul. Yogyakakarta: Ar-Ruuz Media.
Cahyani, I. (2012). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiental Learning. Bandung: Prodi Pendidikan Dasar SPS UPI.
Dalman. (2018). Keteranpilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djuharie, O. S. (2005). Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: CV Yrama Widya.
Fakih, M., & Smith, W. A. (2001). Conscientizacao Tujuan Pendidikan Paulo Freire. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haslinda. (2016). Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: SPS UPI Bandung.
Joyce, B. W., Marsha, & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching (Model-model Pengajaran Edisi Kedelapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kristiantari, R. (2004). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar (Menulis Deskripsi dan Narasi). Bali: Media Ilmu.
Michalko, M. (2010). Thinker Toys. Bandung: Kaifa.
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Munirah. (2015). Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.
Ningsih, S., Kartika, R., Safina, N., & Soraya, R. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASPEK KEBAHASAN TEKS OBSERVASI BERBASIS APLIKASI POWTOON KELAS X MAS PROYEK UNIVA MEDAN. Dialect, 1(1), 1-7.
Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada .
Nursito. (2000). Kreativitas dan Keberbakatan. (Strategi Mewujudkan Potensi dan Bakat). Yogyakarta: Mitra Gama Widya.
Rofi’udin, A., & Zuchdi, D. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud.
Santoso, S. (2014). SPSS 22 from Essential to Expert Skills. Jakarta: Gramedia.
Sanusi, E. (2013). Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Stanton, R. ( 2012). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudjana. (2001). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sudjiman, P. (1991). Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharianto. (2005). Dasar-dasar Teori Sastra. Surabaya: Rumah Indonesia.
Sumardjo, J., & KM, S. (1991). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Suparno, & Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suparno, & Yunus, M. (2009). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Surana. (2001). Pengantar Sastra Indonesia. Surakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Syarif, E., Zulkarnaini, & Sumarno. (2009). Pembelajaran Memulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Uno, H. B., & Nurdin, M. (2011). Belajar Dengan Pendekataan Pailkem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wilson, C. (2013). Brainstorming and Beyond: A User-centered Design Method. United Kingdom: MK Morgan Kaufmann.
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i2.7712
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id