Efektivitas Model Pembelajaran Brainwriting Terhadap Kreativitas Menulis Cerpen Siswa/I Sma Negeri 2 Percut Sei Tuan Menggunakan Metode Pembelajaran Partisipatori Leaerning Tahun Pembelajaran 2022/2023

Muhammad Zakaria Pasaribu, Isthifa Kemal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model brainwriting dan metode partisipatori terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas XI-H Sma Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XI-H Sma Negeri 2 Percut Sei Tuan berjumlah 33 siswa. Objek yang diteliti adalah penggunaan model brainwriting dan metode partisipatori terhadap kemampuan menulis cerpen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test. Berdasarkan uji Statistik T-paired diperoleh dari nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (setelah diberikan treatment) yaitu 8.818 dengan standar deviasi 6.013 dan didapatkan nilai siginifikan (2-tailed) 0.000 maka  diterima dan  ditolak yang artinya ada perbedaan yang siginifikan terhadap pemerolehan nilai pretest dan postest.

Keywords


Brainwriting, Partisipatori, Cerpen, Kemampuan menulis

References


Aminuddin. (2004). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru .

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Barizi, A., & Idris, M. (2009). Menjadi Guru Unggul. Yogyakakarta: Ar-Ruuz Media.

Cahyani, I. (2012). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiental Learning. Bandung: Prodi Pendidikan Dasar SPS UPI.

Dalman. (2018). Keteranpilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djuharie, O. S. (2005). Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: CV Yrama Widya.

Fakih, M., & Smith, W. A. (2001). Conscientizacao Tujuan Pendidikan Paulo Freire. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Haslinda. (2016). Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: SPS UPI Bandung.

Joyce, B. W., Marsha, & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching (Model-model Pengajaran Edisi Kedelapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kristiantari, R. (2004). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar (Menulis Deskripsi dan Narasi). Bali: Media Ilmu.

Michalko, M. (2010). Thinker Toys. Bandung: Kaifa.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Munirah. (2015). Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Ningsih, S., Kartika, R., Safina, N., & Soraya, R. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASPEK KEBAHASAN TEKS OBSERVASI BERBASIS APLIKASI POWTOON KELAS X MAS PROYEK UNIVA MEDAN. Dialect, 1(1), 1-7.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada .

Nursito. (2000). Kreativitas dan Keberbakatan. (Strategi Mewujudkan Potensi dan Bakat). Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Rofi’udin, A., & Zuchdi, D. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud.

Santoso, S. (2014). SPSS 22 from Essential to Expert Skills. Jakarta: Gramedia.

Sanusi, E. (2013). Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Semi, M. A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Stanton, R. ( 2012). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana. (2001). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Sudjiman, P. (1991). Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharianto. (2005). Dasar-dasar Teori Sastra. Surabaya: Rumah Indonesia.

Sumardjo, J., & KM, S. (1991). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suparno, & Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suparno, & Yunus, M. (2009). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Surana. (2001). Pengantar Sastra Indonesia. Surakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Syarif, E., Zulkarnaini, & Sumarno. (2009). Pembelajaran Memulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, H. B., & Nurdin, M. (2011). Belajar Dengan Pendekataan Pailkem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wilson, C. (2013). Brainstorming and Beyond: A User-centered Design Method. United Kingdom: MK Morgan Kaufmann.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i2.7712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.