KOMBINASI STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI

Mimi Rosadi dan Listari

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi, serta untuk mengetahui kombinasi strategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Target luaran penelitian ini diterbitkan ke dalam jurnal ilmiah dan prosiding. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan disain faktorial 2 x 3. Data hasil penelitian dianalisa secara statistik deskriptif dan inferensial. Sebelum tahap inferensial diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Pada tahap inferensial menggunakan analisisvarians dua jalur. Yang dilajutkan dengan uji Tukey jika terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasibelajar.

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, dan Keterampilan

 

                      Menulis Karangan Deskripsi

Abstract.  The purpose of this study was to obtain data and information, and to find out the combination of learning strategies with learning motivation in improving description writing skills. The outputs of this research are published in scientific journals and proceedings. This research method is an experiment with 2 x 3 factorial design. The results of the research data are analyzed descriptively and inferentially. Before the inferential stage begins with a test of normality and homogeneity. In inferential stage, using a two-way variance analysis. What is continued with the Tukey test if there is an interaction between learning strategies and learning motivation

Keyword: Learning Strategy, Learning Motivation, and Descriptive Prose                  Writing Skills


Full Text:

##PDF##

References


Ananta, Wirandya. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal PGSD, Vol 2, No 1, 2014:1-10.

Arikunto. 2005. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta. PT. Rosdakarya.

Anonim. 2010. Macam-macam motivasi: blogspot.com (diakses pada tanggal 21 Mei2017).

Depdikbud. 2003. Keterampilan Menulis Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta.

Finoza, 2008. Jenis-jenis Karangan. tanggal 08 Agustus 2016.

Hari, Kurniadi. 2010. Model-model Pembelajaran. diakses pada tanggal 08 Agustus 2016.

Kuswari. 2008. Menulis Sebagai Keterampilan Produktif. blogspot.com, diakses pada tanggal 21 Mei2017.

Mappuase, M, Yusuf. 2009. Jurnal Medtek, Vol 1 No 2 tahun 2009.

Maya Solviana. Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Matematik Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Tuntang. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 1 Tahun 2012.

Nurgiyantoro.2011. Keterampilan Menulis. Yogyakarta: Pessindo.

Nur Asma Djafar. Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII K SMPN 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Bionature Vol. XV No. 2 Tahun 2014. Hal.67-80.

Rocyandi. 2003. Model Pembelajaran ENE: blogspot.com, diakses pada tanggal 10 Agustus 2016.

Sumarianto. 2010. Menulis. Bandung: Pakar Karya.

Sri, Astuti, Endang. 2010. Motivasi Belajar. Jakarta: Pena Gading.

Sanjaya. 2011. Model Student Facilitator And Explaining. Jakarta: Grasido. Semi. 2003. (Dalam Jurnal Peningkatan Keterampilan Menulis KaranganDeskripsi Melalui Metode Discovery Dengan Menggnakan Media Gambar Mahasiswa Prodi Pendiddikan Bahasa dan Sastra IndonesiaT.A. 2011/2012). Universitas Ekasakti. Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran), Vol. 2 No. 3 Tahun 2014.

Siska Ryani. Pengaruh Metode Student Facilitator And Explaining Dalam Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 1 No. 1 Tahun 2014.

Taniredja. Tukiran, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitaor And Explaning Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal MimbarPGSD. Vol. 2 No.1 Tahun2014.

Prasetyo. 2011. Model Pembelajaran SFAE dan ENE.

Blogspot.com, diakses pada tanggal 08 Agustus2016.

Yunita dalam Purniwati. 2011. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran SFAE Pada Pelajaran IPAKelas V SD Negeri Sei Rotan. Jurnal PGSD, Vol 1, No 1 tahun 2012:1-10.

Yosssy, Idris. (Dalam Jurnal Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery Dengan Menggnakan Media Gambar Mahasiswa Prodi Pendiddikan Bahasa dan Sastra Indonesia T.A. 2011/2012). Universitas Ekasakti. Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran), Vol. 2 No. 3 Tahun 2014.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.