PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL CHANNEL YOUTUBE “AKUPAHAM - BIOGRAFI, INSPIRASI, MOTIVASI” TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI OLEH SISWA KELAS X SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Siti Nurhaliza Chaniago, Tepu Sitepu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Audio Visual Channel Youtube "AkuPaham - Biografi, Inspirasi, Motivasi" terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi oleh Siswa Kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-1 yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk desain One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan media ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menulis teks biografi sebelum menggunakan media audio visual, rata-rata 57,36, termasuk ke dalam kategori kurang atau gagal. Sedangkan kemampuan menulis teks biografi sesudah menggunakan media audio visual rata-rata 83,88 termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 9,47 > 1,666 dengan hipotesis ini terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual Channel Youtube "AkuPaham - Biografi, Inspirasi, Motivasi" terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi oleh Siswa Kelas X SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Keywords


Media Audio Visual, Kemampuan Menulis Teks Biografi.

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2020. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Agustina, Eka. (2018). Pengaruh Media Prezi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Peserta Didik Kelas X SMA Khairul Ulum, Sampang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal UNESA, 5 (2). 1-9.

Aulia, Niki, Sayni Nasrah, dan Safriandi. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Ulang Biografi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lhokseumawe. Kande: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (2). 267-276.

Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Dhiya’ulhaq, Rivan. (2019). Urgensi Model Menulis Berbasis Genre pada Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, Vol 1. 1415-1426.

Faujiah, Nursifa, dkk. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-jenis Media. Jutkel: Jurnal Telekomunikasi, Kendali dan Listrik, 3 (2). 81-87.

Izar, Sri Listiana dan Oktavia Lestari Pasaribu. (2018). Pengaruh Teknik Pengelompokan (Clustering) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Basastra,

(4). 295-304.

Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2020. Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia Kelas X. Jakarta: Direktorat SMA, Direktorat Jendral PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Purwono, Joni, Sri Yutmini, dan Sri Anitah. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (2). 127-144.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Simin, Febriati dan Yusuf Jafar. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Isi Bacaan Melalui Pendekatan Komunikatif pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4 (3). 209-216.

Winarti, Mutia Febriyana, dan Enny Rahayu. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (2). 61-67.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i1.8232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.