PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS CERPEN OLEH SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Andariwati Andariwati, Mutia Febriyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerpen siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Contoh penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E dan VIII-D yang berjumlah 62 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain postest only control design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan siswa menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran konvensional rata-rata 65,16, termasuk ke dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan siswa menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together rata-rata 78,64 termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 4,72 > 1,670 dengan hipotesis ini terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerpen oleh siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Keywords


Model Pembelajaran Numbered Head Together, Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Cerpen.

References


Afandi, Muhammad. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA PERS.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ariandi, Ni Made. 2022. Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kemampuan

Menentukan Struktur Teks Anekdot. (Jurnal). Indonesian Journal of Educational Development.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih E & Restuti.2014. Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Kurniasih, Imas, Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesional Guru. Jakarta: Kata Pena.

Kustina, Rika dan Marhamah. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Menyusun Teks Cerpen berdasarkan Struktur Teks pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh. (Jurnal). Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, STKIP Bina Bangsa Getsempena, Banda Aceh.

Nisa, Khairun. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Keterampilan Mengidentifikasi Unsur-unsur Cerita Fantasi OlehSiswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Priyatni. 2010. Sastra indonesia dan tradisi subkultur. Bandung: Angkasa.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Soebandi. 2012. Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Setyosari, Punaji. (2020). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.

Taniredja, Tukiman, dkk. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Yeti, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Kemampuan Memahami Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh. (Jurnal). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i1.8234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.