PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Depok: RajaGrafindo Persada.
Arifin, M., & Elfrianto. (2020). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Medan: UMSU Press.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dian, Ni Luh., dkk. (2020). Model Pembelajaran Round Club Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi
Pengetahuan PPKn. Jurnal Adat dan Budaya, 2(2), 63-72.
Ekawati, Hanifah. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dan
Pembelajaran Konvensional Pada Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 54-64.
Feriyanti, Leni., & Kuswono. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe (Round Club) Keliling
Kelompok Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Sejarah. Jurnal Swarnadwipa, 2(1), 27-46.
https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/swarnadwipa/article/view/760
Gajah, K. R., & Tansliova. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis
Cerpen di Kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 2(2), 64-74.
Kemendikbud. (2014). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kosmajadi, E., dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Round Club Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal
Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 215-221. https://ejournal.upi.edu/index.php/jppd/article/view/34485
Lubis, Effi Aswita. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Medan: Perdana Publishing.
Nurgiyantoro, Burhan. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pramidana, I. D. (2020). Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerpen Buut Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu
Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali, 7(2), 61-70.
Priyatni. (2010). Sastra Indonesia dan tradisi subkultur. Bandung: Angkasa.
Rosana. R., dkk. (2021). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Cerpen Melalui Model
Discovery Learning pada Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 6(2), 151-156.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, Anas. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Soebandi. (2012). Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Tarsinih, E. (2018). Kajian Terhadap Nilai-Nilai Sosial Dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam Di Mata Ibu” Karya
Alex R. Nainggolan Sebagai Alternatif Bahan Ajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 70-81.
Tibahary, A., & Muliana, M. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54-64.
https://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/12
Trianto. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. akarta: Prestasi Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i1.8235
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id



