PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Vina Ariani, Mutia Febriyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan menganalisis unsur cerita pendek pada siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-E yang berjumlah 62 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain postest only control design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menganalisis unsur cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning rata-rata 72,61, termasuk ke dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan menganalisis unsur cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran Round Club rata-rata 81,45 termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 3,21 > 1,670 dengan hipotesis ini terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan menganalisis unsur cerita pendek pada kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Keywords


Model Pembelajaran Round Club, Menganalisis Unsur Cerita Pendek

References


Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Depok: RajaGrafindo Persada.

Arifin, M., & Elfrianto. (2020). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Medan: UMSU Press.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dian, Ni Luh., dkk. (2020). Model Pembelajaran Round Club Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi

Pengetahuan PPKn. Jurnal Adat dan Budaya, 2(2), 63-72.

Ekawati, Hanifah. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dan

Pembelajaran Konvensional Pada Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 54-64.

Feriyanti, Leni., & Kuswono. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe (Round Club) Keliling

Kelompok Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Sejarah. Jurnal Swarnadwipa, 2(1), 27-46.

https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/swarnadwipa/article/view/760

Gajah, K. R., & Tansliova. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis

Cerpen di Kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 2(2), 64-74.

Kemendikbud. (2014). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosmajadi, E., dkk. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Round Club Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal

Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 215-221. https://ejournal.upi.edu/index.php/jppd/article/view/34485

Lubis, Effi Aswita. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Medan: Perdana Publishing.

Nurgiyantoro, Burhan. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pramidana, I. D. (2020). Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Dalam Cerpen Buut Karya I Gusti Ayu Putu Mahindu

Dewi Purbarini. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali, 7(2), 61-70.

Priyatni. (2010). Sastra Indonesia dan tradisi subkultur. Bandung: Angkasa.

Rosana. R., dkk. (2021). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Cerpen Melalui Model

Discovery Learning pada Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 6(2), 151-156.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Soebandi. (2012). Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Tarsinih, E. (2018). Kajian Terhadap Nilai-Nilai Sosial Dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam Di Mata Ibu” Karya

Alex R. Nainggolan Sebagai Alternatif Bahan Ajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 70-81.

Tibahary, A., & Muliana, M. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54-64.

https://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/12

Trianto. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. akarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i1.8235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.