PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME GAME TOURNAMEN (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA MATERI ARTIKEL ILMIAH POPULER SISWA KELAS VIII-5 SMP NEGERI 1 KISARAN

Siti Khairia Sapitri, Nila Sudarti, Yuliana Yuliana

Abstract


Menulis arrtikel ilmiah merupakan salah satu pembelajaran Bahasa Indonesia. Namun, beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam menulis artikel ilmiah populer. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis artikel ilmah populer melalui model TGT. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK).  Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-5. Teknik pengumpulan data dalah melalui tes dan nontes. Tes diambil dari hasil belajar peserta didik dan non tes adalah hasil observasi kegiatan proses pembelajaran guru dan peserta didik.  Secara umum hasil klasikal selalu menumbuhkan pada akhir siklus. Tahap awal pra sikluk ketuntasan klasikal kemampuan menulis artikel ilmiah populer yaitu sebesar 51,61%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 83,97% dan meningkat pada siklus II sebesar 96,77%. Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah poppuler pada tahap pra siklus, siklus I dan terus mengalami peningkatan pada siklus II di sebabkan karena peserta didik mulai terbiasa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Time Game Tournamen (TGT).


References


Agus Darmuki, A. H. (Volume 7, No. 2, 2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio, 389-397.

Ahlan Syaeful Millah1, A. D. (Vol. 1, No. 2, 2023). Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa.

Almira Rachma Thalita1, A. D. (Volume.4 No.II, Agustus 2019). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 147-156.

Anisa Nurfauziah, I. R. (Vol. 1, No. 1, 2023). Prinsip-Prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK):. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1-10.

Aryani, W. D. (VOL. 3 NO. 2). Implementasi Tgt Berbantuan Media Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas Vii A Smp N 1 Kandeman. Harmony, 115-133.

Ayu Andira1, H. M. (Vol.1, No.2, August 2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman. Journal Of Language, Literature, And Linguistics, 128-133.

Dea Ayu Aprelia, S. B. (Vol: 7 No: 3 Tahun: 2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 237-244.

Esi, E. P. (N.D.). Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dan Motivator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas Xi Smk. 1-14.

Hsb., S. (Volume 8, Nomor 2, Edisi Oktober 2017). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Madah, 149—160.

Kirana Maretha Oktavienna1, W. (Volume 5 Nomor 3 2022). Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 646-657.

Nada Despriyanti Sitanggang, M. J. (Vol.1, No.4 Oktober 2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games, Tournament (TGT) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Kelas VIII SMP Amir Hamzah Medan. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 71-82.

Paida, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Siswa Kelas VII Berbasis Kurikulum Merdeka. Journal Of Education Research, 1320-1325.

Prastiti, T. D. (N.D.). Pelatihan Analisis Data Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Bagi Guru-Guru Smpn 7 Bondowoso. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 393-403.

Rahayu Anggraeni, A. E. (Volume 1 Nomor 2 (2022) ). Peranan Guru Dalam Manajemen Peserta Didik. Karimah Tauhid, 234-239.

Sukiasih, M. (Volume 2 Nomor 3 Oktober 2018). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis Puisi Pada Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt. 319-328.

Suningsih, N. R. (Vol 1. No 2. November 2021). Kooperatif Model Tgt Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 246-254.

Utarini, N. K. (Vol. 23 No. 1 (April 2022)). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Dengan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Peserta Didik Kelas Xii Bdp 1 Smk Negeri 1 Negara. 105-114.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i2.8879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.