Peningkatan Keterampilan Berdiskusi melalui Model Pembelajaran Teknik Two Stay Two Stray pada Siswa Kelas VIII C SMP Jagakarsa

Dasmay Sena Siregar, Dadi Waras Suhardjono, Tri Asuti

Abstract


The research was carried out using Classroom Action Research (PTK) which used two cycles. Each cycle consists of two meetings. The research subjects were 25 students in class VIII C of Jagakarsa Middle School. The variable revealed in the research is Discussion Skills Through the Two Stay Two Stray Technique Learning Model. Data collection techniques use test instruments and non-test instruments in the form of observation, interviews, questionnaires and documentation. The results of the research show an increase in poetry writing discussion skills using the Two Stay Two Stray technique learning model in class VIII C of Jagakarsa Middle School. The percentage of students' completion in writing poetry in the pre-cycle reached 28% and was still less than the set standard for completion, namely 75%. The percentage of completion in cycle I reached 48%. This is also still less than the specified completion limit. In cycle II the percentage of completion reached 80% and had met the specified completion limit.

 


Keywords


Discussion Skills, Two Stay Two Stray Technique.

References


Ayuningrum, Syamza. “Penerapan Media POP UP untuk Meningkatkan Kemampuan Menluis Cerita Pendek.” Journal of Chemical Information and Modeling 15, no. 2 (2019): 9–25.

Bahasa, J., & Supriyati, I. 2020. Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTSN 4 Palu. 5(1).

Fara, Difa. 2021. Korelasi Penggunaan Model Diskusi Time Token dalam Pembelajaran dengan Keterampilan Berbicara Siswa. Proposal.

Fauziah, Siti. 2016. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Hesti, Sofianti,. & Mappapoleonoro, A. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Mendongeng. STKIP Kusuma Negara.

Jannah, M. B. 2021. Korelasi Pengggunaan Model Diskusi Time Token dalam Pembelajaran dengan Kererampilan Berbicara Siswa. 6. Institut Agama Islam Negeri Kendari.

KBBI Edisi V. Daring

Pangesti, Handini Mijil. 2018. Peningkatan Keterampilan Diskusi Menggunakan Model Two Stay Two Stray di Kelas XD SMAN Gamping Sleman Yogyakarta. PBSI. UNY.

Prihantoro, Agung., & Hidayat, Fattah. 2022. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. Ulumuddin.

Rahmah, H. 2019. Peningkatan Kreatvitas dan Kemampuan Berbicara pada Anak Sekolah Dasar dengan Metode Story Telling di Kecamatan Lampihong. VIII(2), 1–19.

Sahir, Syafrida Hafni. 2022. Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Susanti, E. 2019. Keterampilan Berbicara (Monalisa (ed.); Ke-2). PT Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, Sri. 2021. Penerapan Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Diskusi Belajar Siswa Kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Singkawang. Jurnal.

Kartika, R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA BINA BERSAUDARA MEDAN. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 1-5.

Ayuningrum, Syamza. “Penerapan Media POP UP untuk Meningkatkan Kemampuan Menluis Cerita Pendek.” Journal of Chemical Information and Modeling 15, no. 2 (2019): 9–25.

Bahasa, J., & Supriyati, I. 2020. Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTSN 4 Palu. 5(1).

Fara, Difa. 2021. Korelasi Penggunaan Model Diskusi Time Token dalam Pembelajaran dengan Keterampilan Berbicara Siswa. Proposal.

Fauziah, Siti. 2016. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Hesti, Sofianti,. & Mappapoleonoro, A. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Mendongeng. STKIP Kusuma Negara.

Jannah, M. B. 2021. Korelasi Pengggunaan Model Diskusi Time Token dalam Pembelajaran dengan Kererampilan Berbicara Siswa. 6. Institut Agama Islam Negeri Kendari.

KBBI Edisi V. Daring

Pangesti, Handini Mijil. 2018. Peningkatan Keterampilan Diskusi Menggunakan Model Two Stay Two Stray di Kelas XD SMAN Gamping Sleman Yogyakarta. PBSI. UNY.

Prihantoro, Agung., & Hidayat, Fattah. 2022. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. Ulumuddin.

Rahmah, H. 2019. Peningkatan Kreatvitas dan Kemampuan Berbicara pada Anak Sekolah Dasar dengan Metode Story Telling di Kecamatan Lampihong. VIII(2), 1–19.

Sahir, Syafrida Hafni. 2022. Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Susanti, E. 2019. Keterampilan Berbicara (Monalisa (ed.); Ke-2). PT Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, Sri. 2021. Penerapan Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Diskusi Belajar Siswa Kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Singkawang. Jurnal.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i2.9092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.