Analisis Deskriptif Kemampuan Menulis Teks Proposal Melalui Pendekatan Project Based Learning pada Siswa Kelas XI PSPT Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Bojong
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amil, P., T., Rustam, R., & Sinaga, A. (2022). Model Project Based Learning dalam menulis teks prosedur untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(1), 238–247. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1708
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Citra. (2023). Implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam materi teks ulasan di kelas VIII SMP Negeri 22. [Tesis, Universitas Jambi].
Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Happy, H. (2008). Panduan praktis menyusun proposal. Visimedia.
Hariwiyaya, M. (2021). Pedoman teknis penulisan karya ilmiah: Skripsi, tesis dan disertasi. Citra Pustaka.
Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PjBL untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa: Sebuah kajian deskriptif tentang peran model pembelajaran PjBL dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2(1), 1–11.
Hidayat, R. (2021). Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(3), 135–148. https://doi.org/10.21009/jpi.v9i3.2458
Ikhsan, N. (2022). Penerapan model Project-Based Learning dalam pembelajaran teks proposal pada peserta didik kelas XI semester genap SMA PGRI. Seminar Nasional Literasi, 147–154.
Kristanti, D., & Izwar. (2023). Penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah dan motivasi belajar mahasiswa dalam MBKM. Bionatural, 10(1), 31–41.
Kusuma, G. P., & Japa, I. G. N. (2018). Penerapan model PjBL berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 1(1), 31–32.
Masruro, S., Sudibyo, E., & Purnomo, T. (2021). Profil Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. International Journal of Recent Educational Research, 2(6), 682–699. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i6.171
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Muchlisin Riadi. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PJBL).
Nirwana, & Ruspa, A. R. (2020). Kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa prodi informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 6(1), 557–566. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.277
Nurul'Azizah, A. (2019). Upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui model Project Based Learning siswa kelas V SD. Jartika, 2(1), 194–204.
Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230. https://doi.org/10.33225/pec/18.76.215
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tira Smart.
Setiawan, E. (n.d.). Arti kata proposal. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/proposal
Siman, S. (2023). Penerapan Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis teks esai. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.37730/edutrained.v7i1.181
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suparman, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah menengah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 45–58. https://doi.org/10.31002/jpp.v11i1.6789
Suparmi, S., Sukmawati, F., Cahyono, B. T., Santoso, E. B., Prihatin, R., & Juwita, R. (2024). Implementasi model Project Based Learning di Sekolah Menengah Kejuruan: Tinjauan literatur sistematis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(12), 890–901. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i12.8847
Susila, L. P. A. L. (2020). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi teks proposal dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 7 Denpasar. Widyadari, 21(2), 500–510. https://doi.org/10.5281/zenodo.4059674
Thomas, J., Condliffe, B., & Quint, J. (2015). Whatever form a project takes, it must meet these criteria to be gold standard PBL. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 22(1), 1–18.
Wati, E., & Sahronih, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. PERISKOP: Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 142–167. https://doi.org/10.58660/periskop.v3i2.26
Widiarso, E. (2016). Strategi Dan Metode Mengajar Siswa Diluar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif, Dan Komunikatif. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media Group.
Widya, D., Pendidikan, J., & Juni, E. (2023). DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan Vol.10 No.1 Edisi Juni 2023 51. 10(1), 51–65.
Yudha, C. B. (2019). Penerapan Project Based Learning dalam Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 30. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.32084
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i2.9579
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id