Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di MTs Al-Falah Ajung Jember
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran berbasis Livewire pada mata pelajaran teknik listrik kelas X jurusan audio video di SMK Negeri 4 Semarang. Eduelektrika, 4(1).
Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) menggunakan media kartu terhadap minat belajar IPA kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 3(1), 6–12.
Baihaqy, A. R., & Wulandari, E. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model contextual teaching learning berbantuan LKPD materi relasi dan fungsi. Kognisi: Jurnal Ilmu Keguruan, 1(1), 9–20.
Cahyaningsih, E., & Assidik, G. K. (2021). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan minat belajar pada materi teks berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19385
Dores, O. J., Bustami, Y., & Ana, R. M. M. (2019). Peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran kontekstual pada materi perkalian dan pembagian. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 10. https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1176
Insani, S. M., Zahra, S. A., & Wijayanti, F. (2023). Gaya kepemimpinan kepala KUA dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Urusan Agama Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Socia Logica, 3(1).
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157.
Prasetyo, Y., Usman, H., & Rasyid, M. (2022). Peningkatan keterampilan menulis teks berita melalui penggunaan media audio visual. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1617–1623.
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22.
Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan profesionalisme guru. Alfabeta CV.
Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Penerapan model role playing untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 197–206. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1164
Sekali, P. B. K. (2023). Meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning mata pelajaran IPS di kelas V SD 046412 Nagari tahun pelajaran 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional PSSH, 2.
Susanti, A. (2021). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris menggunakan model pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i2.9598
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id



