PENGEMBANGAN MODUL MULTIMEDIA BERBASIS TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERAN ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN DI MAN 4 MEDAN

Rimay Handayani Z, Julia Maulina, Lisa Ariyanti Pohan

Abstract


Modul multimedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan pada proses pembelajaran. Modul multimedia juga dapat dimodifikasi dengan model pembelajaran seperti TGT. Pada penelitian ini disarankan modul multimedia berbasis TGT pada materi peran ilmu kimia dalam kehidupan diberikan kepada siswa kelas X MAN 4 Medan dengan merujuk kepada perbedaan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D, yang meliputi tahap (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (3) Disseminate. Tingkat kelayakan modul multimedia berbasis TGT telah di validasi oleh para ahli dan uji coba skala kecil Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data meliputi analisis data produk, uji normalitas dan uji sample t-test. Dari hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,177% dan pada kelas control sebesar 0,198%. Hasil uji T menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak.

Kata kunci: Modul multimedia berbasis TGT, hasil belajar, peran ilmu kimia dalam kehidupan.


Full Text:

PDF

References


American Heritage Electronic Dictionary. (1991). Pengertian Multimedia Interaktif.

Amri, S. dan Ahmadi K. I. 2010. Proses pembelajaran kreatif dan inovatif.

Arikunto, S.2012. Prosedur suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Bruce. dkk. 2009. Models of Teaching ( model-model Pembelajaran) edisi ke delapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi informasi Dan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2013. Strategi Dan Tahapan Mengajar (bekal keterampilan dasar bagi guru) Bandung : CV Yrama Widya.

David A, J . dkk. 2009. Methods For Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.

Elnovreny, J, 2012, The Development Of Learning Module on the Teaching of Hydrocarbon for RSBI and SBI student. Skripsi S-1 FMIPA UNIMED, Medan.

Eka, dkk. 2013. Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan macromedia flash pro 8 pada pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal pendidikan fisika.

Gayeski, D. 1993, Multimedia for learning. Educational Technology Publications. New Jersey.

Johati, J.M.C dan Rachmawati M. 2004. Kimia SMU Untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Muhsin, I. dkk. 2000 Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Munib, A .2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : UPT UNNES PRESS.

Oblinger. R. 1993. E-policy How to Develop Computer. Email, and Internet Guidelines to Protect Your Company and Its Assets, AMACOM.

Oemar H. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ristanto, D.R. 2014. Pengembangan modul elektronik Adobe Photoshop untuk kelas X SMK. Yogyakarta. Skripsi

Robert, S, E. 2005. Cooperative Learning. London:Allymand Bacon.

Robert, S,E .2008. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Rosch. 1996. Easy Way To Understand The Multimedia. Bostom : Allyn and Bacom.

Rusman.2012. Model-model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sanaky A.H. 2009. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safria Insania Press.

Sardiman. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bamdung. PT Alfabet.

Suherman, E. dkk.2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:Jica.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedajogja.

Sutopo, A.D . 2012. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Graha Ilmu : Yogyakarta.

Taniredja, T. dkk. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Thoha, M. Ch. 2001. Teknik Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Unggul, S. 2013. Kimia 1 SMA. Surakarta. Erlangga.

Widyanti E, R . 2016. Pengaruh Penerapan Model Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal FKIP Uiversitas Krist en Satya Wacana.

Winarti, A dan Irhasyuarna Y . 2001. Optimalisasi Peran Laboratorium Sebagai upaya Menyiapkan Pembelajaran Kimia di SMU dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v2i2.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rimay Handayani Z, Julia Maulina, Lisa Ariyanti Pohan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License