ANALISIS UPAYA STRATEGI PEMASARAN DINAS KOPERASI USAHA KECIL MENENGAH DAN PERDAGANGAN KOTA PEMATANGSIANTAR DALAM MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN PRODUK UKM TENUN ULOS DI KOTA PEMATANGSIANTAR
Abstract
This research discusses about the influences of product, price, and promotion as marketing strategies in increasing sales volume of UKM product at Pematangsiantar City. The aim of this research is to analyse the influences of product, price, and promotion both partially and simultaneously on product sales volume at the office. This is a quantitative research with random sampling technique. The sample is 74 cosumers. Results show that each independent variable; product, price, and promotion, partially influences product sales volume positively and significantly. product has tcount value 6,853 and level of significance 0.000, price has 3,522 and 0.001, and promotion has 4,238 and 0.000. Simultaneously, product, price, and promotion have significant and positive influences in increasing sales volume of UKM product at Pematangsiantar City with Fcount value 64,813 and level of significance 0.000.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamiyah dan Padji. 2003. Kamus Istilah Akuntansi. Cetakan Kesatu. Bandung: Yrama Widya
Alma, B. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2.
Bandung: ALFABETA
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers
Aziz, Abdul dan Asymar Syaid. 2016. Pengaruh Harga, Promosi Penjualan, dan Proses (Pelayananan) Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedai EYCKMAN. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14389.
Badan Pusat Statistik Kota Pematangsiantar. 2019. Jumlah Penduduk Kota Pematangsiantar Per Kecamatan 2010-2018. Tersedia di: https://siantarkota.bps.go.id/dynamictable/2015/09/25/2/jumlah- penduduk pematangsiantar-per-kecamatan-2010- 2018.html
Basu, Swastha dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Basu, Swastha. 2002. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: Liberty.
Basu, Swastha. 2007. Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen.
Yogyakarta: BPFE
Christiani, Situmorang dan Suryawan, Ida Bagus. 2017. Daya Tarik Wisata Unggulan Di Daerah Transit Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Jurnal Destinasi Pariwisata.
Daryanto, Danang 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Cetakan I.
Bandung: Satu Nusa
Diniaty, Dewi dan Agusrinal. 2014. Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan (Studi Kasus: Home Industry Saiyo Sakato Di Kenagarian Padang Laweh Kecamatan Koto VII Kabupaten Sawahlunto Sijunjung). Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 11, No. 2, Juni
, pp. 175 – 184.
Diniaty, Dewi. 2019. Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin pada Kelompok XYZ. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen) Vol 6 (1) November 2019
Firmando, Harisan Boni. 2020. Strategi Adaptasi Pemasaran Kerajinan Tenun Ulos Pada Pasar Tradisional, Modern Dan On Line Di Tapanuli Utara (Studi di Kota Tarutung). AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, Vol. V, No. 1. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ajei.v5i1.7674
GO UKM. 2021. Pengertian UKM & UMKM? Bagaimana Menjadi Usaha Kecil Menengah di Indonesia. https://goukm.id/apa-itu-ukm-umkm- startup/.
Hartono, Hendry, dkk. 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada perusahaan Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. BINUS BUSINESS REVIEW. https://media.neliti.com/media/publications/167985-ID-pengaruh-strategi- pemasaran-terhadap-pen.pdf.
Jasmani. 2018. Pengaruh Promosi Dan Pengembangan Produk Terhadap Peningkatan Hasil Penjualan (Studi PT. Baja Perkasa Jakarta). Jurnal Semarak, Vol. 1, No.3, Oktober 2018 , Hal (142-157)
Karim, Djamaluddin, J.L. Sepang dan B. Lumanauw. 2014. Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan, Jurnal Emba Volume 2, Nomor 1, Maret 2014, 423
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12.
Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Garry Amstrong. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) |Vol. 3, No. 1, 2012.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler. 2014, Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta.
Kusdiana, Dikdik dan Ardi Gunardi. 2014. Pengembangan Produk Unggulan UMKM Kabupaten Sukabumi. Jurnal Trikonomika. Vol. 13, No.2:
-171
Ma’ruf, Hendri. 2005. Pemasaran Ritel. (Cetakan pertama). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Prasetijo, Ristiyanti dan John J.O.I Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI.
Purba, M.D. 1977. Mengenal Kepribadian Asli Rakyat Simalungun. Medan: M.D. Purba.
Rachmawati, Rina. 2011. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume
Penjualan. Jurnal Kompetensi Teknik. Vol.2, No. 2, Mei 2011, 144.
Rusdi, Moh. 2019. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Genting Ud. Berkah Jaya. JSMB (Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis) Vol. 6 (2) 2019 hlm. 49-54.
Schiffman dan Kanuk, Amelia. 2004. Analisa Marketing Mix, Lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita. Juarnal Manajemen Pemasaran Petra.Vol. 1, No. 2.
Simamora, Henry. 2002. Akuntansi Manajemen. Jakarta, Indonesia: Salemba Empat.
Singh, et al., 2008. Strategy Development by SMEs for Competitiveness: A Review. Benchmarking: An International Journal. Vol. 15, No.5: 525-547.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Penerbit CV. Alfabeta. Bandung.
Sumodiningrat. 2011. Pengantar Statistika. Jakarta: Penerbit Andi
Susanto, Christian. 2004. Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen pada Makanan Tradisional. Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3, September.
Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: LP3ES
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi
Wibowo, Dimas Hendika, Zainul Arifin dan Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran Untuk eningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 29 No.1 Desember 2015|, 59-67.
DOI: https://doi.org/10.30743/jekkp.v3i2.4835
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JEKKP (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Kebijakan Publik)
JEKKP (Jurnal Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Publik (jekkp)
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jekkp@fe.uisu.ac.id