Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Burger.Mac

Agnes Aprilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada Burger.Mac. Kemampuan dalam menciptakan inovasi produk merupakan sumber daya saing yang sangat penting dan strategis dalam membangun keunggulan bersaing. Jadi, terdapat hubungan positif yang signifikan antara inovasi produk dengan keunggulan bersaing. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 55 komsumen. Metode pengujian dan analisis data menggunakan SPSS. Penelitian dilakukan dengan menggunakan persamaan regresi linear sederhana, penelitian ini menunjukan adanya pengaruh inovasi produk terhadap keunggulan bersaing. Dengan hasil bahwa inovasi produk terhadap keunggulan bersaing adalah sebesar 51,5% sedangkan sisanya sebesar 48,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi produk memiliki pengaruh signifikan pada keunggulan bersaing Burger.Mac.

Kata. Kunci. : Keunggulan. Bersaing., Inovasi. Produk

Full Text:

PDF

References


Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principle of Marketing (16th ed). North Carolina: Pearson Education Limited.

Putri, N. I. A. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Word of Mouth, dan Mobile Marketing terhadap Brand Awareness (Studi pada Konsumen Burger dan Roti Bakar Kane Cabang Kepuh Jl. Raya Ngijo No. 25, Kepuharjo, Kec. Karangploso, Kabupaten Malang).

Setiawan, H. (2012). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi, dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil di Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis

Sukarmen, P. (2013). Analisis Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening pada Produk Gula Pasir Sebelas (GUPALAS) Pabrik Gula Semboro PTP Nusantara (Persero). Tesis. Universitas Jember.

Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tamamudin. (2012). Analisis Pengaruh Pengenalan Merek, Persepsi Kualitas, Harapan Konsumen, dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Membeli dan Dampaknya pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Produk Batik Sutra Halus merek Tamima). Jurnal Penelitian, 9 (2), 283-300




DOI: https://doi.org/10.30743/jrmb.v7i1.5194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis)
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jrmb@fe.uisu.ac.id