MANAJEMEN PERENCANAAN MUTU PADA KONSTRUKSI PEMBANGUNAN RUMAH

Dias Angga Prayogi, Yusrizal Lubis

Abstract


Quality control adalah kegiatan yang meliputi tindakan monitoring, pengecekan inspeksi, dan pengujian untuk mengendalikan dan memastikan bahwa mutu bahan, metode pelaksanaan, serta hasil pekerjaan sesuai dengan spesifikasi teknik yang telah di tetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk /memahami pelaksanaan manajemen pengendalian mutu (QC) pada pelaksanaan pembangunan rumah type 70. Manfaat penelitian ini dapat menentukan manajemen mutu pada konstruksi pembangunan rumah. Pengerjaan ini menggunakan kajian yang berdasarkan SNI (StandarNasional Indonesia). Tahap perencanaan mutu penelitian ini berdasarkan  SNI (Standar Nasional Indonesia) dan beberapa buku-buku referensi yang menjadi acuan dalam menyusun manajemen mutu. Hasil dari penelitian ini yaitu menentukan mutu tahap perencanaan rumah, mutu olahan dan mutu bahan. Kesimpulan dari pengerjaan ini quality control pada tahap pelaksanaan pekerjaan beton harus sesuai dengan prosedur yang baik, agar kualitas beton terjamin mutunya. Pelaksanaan pekerjaan beton mulai dari pencampuran dan penakaran agregat, pelaksanaan pengecoran, pekerjaan akhir, dan pengendalian mutu dilapangan harus mengikuti prosedur yang telah di tentukan sehingga terciptanya mutu beton yang terjamin kualitasnya.


Full Text:

PDF

References


Imam Soeharto Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional), 2001.

Juran, J.M, “Merancang Mutu”, PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1994.

Lubis Yusrizal, Kajian Efektifitas Tingkat Penerapa Sistem Penjaminan dan Pengendalian Mutu Pada Proyek Jalan-Jalan Kabupaten, Sekolah Tinggi Teknik Harapan (STTH) Medan,1999.

Maksum Tanubrata, Bahan-Bahan Konstruksi Dalam Konteks Teksik Sipil, Program Studi S-1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Kristen Maranatha,Bandung.

Rumah ber-SNI, Pusat Penelitian Pengembangan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum, Bidang Standar dan Deseminasi Pusat Litbang Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum.

SNI, Daftar Standard dan Pedoman, Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil, 2018.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana.Total Qualit Management. Edisi Revisi. Yogyakarta, 2003.

Tjokrodimulyo,K. Teknologi Beton. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.