ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA MODA TRANSPORTASI TRANS METRO DELI RUTE AMPLAS - LAPANGAN MERDEKA

Azmi Alfandi, Gunawan Tarigan, Marwan Lubis

Abstract


Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk dapat mengamati tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan jasa angkutan umum Bus Trans Metro Deli.Jenis penelitian yang dimanfaatkan yaitu penelitian deskriptif dengan metode kualitatif.Populasi yang digunakan yaitu sebanyak 109 orang penumpang Bus Trans Metro Deli Rute Amplas - Lapangan Merdeka.Penentuan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling, yaitu penarikan anggota sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang pada populasi tersebut.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, kuisioner dan studi kepustakaan.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif serta uji instrumen.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kenyamanan yang ditawarkan pada pengguna Bus Trans Metro Deli merasa puas, sedangkan keamanan, kepedulian dan pelayanan yang diberikan petugas kepada pengguna Bus Trans Metro Deli mendapatkan respon yang cukup puas.Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti masih tingginya minat masyarakat yang cenderung menggunakan kendaraan pribadi.


Keywords


Pelayanan; Transportasi; Pelanggan

Full Text:

PDF

References


. Budiman, F, 2013, Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Jasa Lembaga Pendidikan XYZ. Skripsi : Fakultas Ekonomi Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

. Fitriana, V. 2010, .Usulan Prioritas Perbaikan Kualitas Layanan Pendidikan Tinggi Menggunakan Metode Fuzzy Dengan Dimensi Student Satisfaction Inventory Pada FKIP Di PTN X. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Industri. FT, Untirta, Cilegon.

. Kamaluddin, 2003, Ekonomi Transportasi. Jakarta : Ghalia Indonesia Jakarta.

. Kotler, Philip & Keller, 2011, Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Dan 2. Jakarta : Erlangga.

. Hutasoit, 2011, Pelayanan Publik Teori Dan Aplikasi. Medan : UMSU Press.

. Parasuraman, A., 2014, The Behavioral Consequences Of Service Quality. New Jersey : Prentince Hall.

. Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

. Taufik, M., 2010, Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Kinerja Pelayanan Terminal Makasar. Tugas Akhir. Universitas Teknik Surabaya.

. Zulkarnain, T. A., 2013, Analisis Bauran Pemasaran Produk Dompet Orang Indonesia. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Industri, Untirta Cilegon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.