Peningkatan Hasil Belajar Tata Busana (Pola Dasar) Siswa Kelas X Busana-1 SMK Negeri 10 Medan Melalui Penerapan Metode Peta Konsep/Mind Map

Erlina Rangkuti

Abstract


Abstrak. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas X Busana-1 SMKN 10 Medan didasarkan pengamatan rendahnya hasil belajar tata busana (pola dasar) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dalam setiap siklusnya. Tindakan yang dilakukan menerapkan model pembelajaran Peta Konsep/Mind Map. Untuk menyelesaikan masalah digunakan instrumen pengamatan aktivitas belajar siswa, instrumen penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan instrumen pengamatan aktivitas guru, serta nilai hasil evaluasi setiap selesai pertemuan. Nilai data yang diperoleh menjadi bahan refleksi untuk dilakukan di siklus berikutnya. Ketika dilakukan refleksi awal hasil belajar siswa sekitar 57,75 (sangat kurang). Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 74,3 (cukup), pada siklus II 80,0 (cukup), dan pada siklus III menjadi 83,1 (tinggi). Sehingga disimpulkan penerapkan metode Peta Konsep/Mind Map di kelas X Busana-1 SMKN 10 Medan dapat meningkatkan hasil belajar tata busana (pola dasar).

Kata Kunci: Hasil Belajar, metode Peta Konsep/Mind Map


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.