Peningkatan Aktivitas Belajar Tata Busana (Busana Industri) Siswa Kelas XII Busana 1 SMKN 10 Medan Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Pendekatan Struktural Numbered Heads Together (NHT)

Helena Simatupang

Abstract


Abstrak. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas XII Busana 1 SMKN 10 Medan didasarkan pengamatan rendahnya aktivitas belajar tata busana (busana industri) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dalam setiap siklusnya. Tindakan yang dilakukan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pendekatan strurtural Numbered Head Together (NHT). Untuk menyelesaikan masalah digunakan instrumen pengamatan aktivitas belajar siswa, instrumen penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan instrumen pengamatan aktivitas guru, serta nilai hasil evaluasi setiap selesai pertemuan. Nilai data yang diperoleh menjadi bahan refleksi untuk dilakukan di siklus berikutnya. Ketika dilakukan refleksi awal hasil belajar siswa sekitar 36,45 (sangat kurang). Pada siklus I rata-rata aktivitas belajarnya 48,25 dengan rata-rata hasil belajar siswa 53,00 (kurang), pada siklus II rata-rata aktivitas belajarnya 68,35 (cukup) dengan rata-rata hasil belajarnya 72,25 (cukup), dan pada siklus III rata-rata aktivitas belajarnya 78,42 (tinggi) dengan rata-rata hasil belajarnya 86,42 (tinggi). Sehingga disimpulkan penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pendekatan struktural Numbered Head Together (NHT) di kelas XII Busana1 SMKN 10 Medan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar tata busana (busana industri).

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kooperatif Tipe Pendekatan Struktural Numbered Head Together (NHT)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.