Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Media Peta Konsep dan Media Audio Visual Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas XI SMAN 2 Medan

Pandu Prabowo

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media peta konsep dan media Audio-Visual pada sub materi pokok sistem peredaran darah manusia kelas XI SMAN 2 Medan dengan melakukan pengajaran menggunakan media peta konsep dan pengajaran menggunakan media Audio-visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian hanya 2 kelas yaitu sebanyak 80 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif sampling Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio-visual daripada pengajaran menggunakan media peta konsep, dimana diperoleh 𝑋̅1=7,506 dan SD 𝑋̅1=0,888 untuk multimedia berbasis komputer, sedangkan untuk pengajaran konvensional diperoleh 𝑋̅2=5,925 dan SD 𝑋̅2=1,511. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 33,96% dan persentase peningkatan kelas kontrol sebesar 30,20%. Hasil analisis data menunjukkan tact > ttable (5,43 > 2,00). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap hasil belajar biologi pada materi pokok sistem peredaran darah manusia kelas XI IPA SMA N 2 Medan.

Kata Kunci: Hasil Belajar Biologi, Media Peta Konsep dan Media Audio Visual, Sistem Peredaran Darah Manusia


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.