Analisis Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pelayanan Pendidikan Di SMA Plus Al-Azhar Medan

Sapta Kesuma

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pimpinan dalam mengimplementasi manajemen mutu terpadu dalam pelayanan pendidikan di SMA Plus Al-Azhar Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis kualitatif. Dikatakan deskriptif karena penelitian ini mencoba mengungkapkan kejadian yang sedang berlangsung, yaitu tentang bagaimana Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Pelayanan Pendidikan di SMA Plus Al-Azhar Medan. Untuk menganalisis data yang diperoleh dianalsis dengan menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan temuan penelitan: 1) Pimpinan SMA Plus Al-Azhar Medan dalam hal ini kepala sekolah telah melaksanakan kepemimpinannya dengan baik dalam konteks Implementasi Manajemen Mutu Terpadu yang meliputi: a) Kepuasan pelanggan, b) Respek kepada orang lain, c) Komitmen terhadap organisasi, d) Kerjasama tim, e) perbaikan secara terus-menerus. 2) Kepala sekolah dalam konteks kepemimpinannya melakukan strategi visioner yaitu mampu memprediksi jauh ke depan secara jangka panjang sesuai dengan visi dan misi dan tujuan sekolah.

Kata Kunci: manajemen mutu terpadu, pelayanan pendidikan.


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.