Penggunaan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran IPA Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Di Kelas IIA SDN 056635 Pasiran Air Hitam T.P. 2016/2017

Syafiani Syafiani

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup di Kelas IIA SDN 056635 Pasiran Air Hitam T.P. 2016/2017. Hal tersebut berkaitan dengan rendahnya hasil belajar siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan dilakukan melalui 2 siklus. Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif dan lembar pengamatan siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIA yang terdiri dari 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Siswa yang memperoleh nilai tuntas pada tes awal berjumlah 4 siswa, pada tes I 11 siswa, dan pada tes II meningkat menjadi 20 siswa. Persentase ketuntasan nilai siswa secara klasikal pada tes awal 17%, pada siklus I 46% dan pada siklus II adalah 83%, ini lebih besar dari standar ketuntasan klasikal di sekolah sebesar ≥ 70%. Aktivitas siswa meningkat untuk masing-masing item, pada siklus I 70% dan pada siklus II naik menjadi 90%. Dalam aspek psikomotorik, hasil gambar siswa menunjukkan nilai yang baik. Untuk kelompok batang,bunga dan buah 80, untuk kelompok tunas 70, untuk kelompok biji 80, dan untuk kelompok daun 85.

Kata Kunci: hasil belajar, pendekatan kontekstual, pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.