Penerapan Model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) Terintegrasi Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Menumbuhkembangkan Karakter Siswa Pada Reaksi Reduksi Dan Oksidasi

Uswatun Hasanah. S

Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest didukung dengan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA di sekolah dan menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter siswa dengan menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA/MA di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Riau. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dibelajarkan dengan menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dan pada eksperimen 2 dibelajarkan dengan menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA di sekolah. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar dan lembar observasi. Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh hasil bahwa data berdistribusi normal dan memiliki variansi yang sama. Teknik analisa data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test pada program SPSS 16 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha1 diterima dengan perolehan harga sig. 0,000< 0,05, dan terjadi pertumbuhan dan perkembangan nilai-nilai karakter siswa yaitu karakter komunikatif sebesar 78,51 dengan kategori tinggi, kreatifitas sebesar 78,85 dengan kategori tinggi, rasa ingin tahu sebesar 81,01 dengan kategori sangat tinggi, tanggung jawab sebesar 82,92 dengan kategori sangat tinggi, dan toleransi sebesar 83,11 dengan kategori sangat tinggi.

Kata Kunci: Cooperative Problem Based Learning (CPBL), Bahan Ajar Kimia, Hasil Belajar, karakter.


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.