Upaya Meningkatkan Minat Membaca Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu pada Kompetensi Dasar Menanggapi Isi Cerita Secara Lisan di Kelas Va SD Negeri Negeri 067258 Medan Amplas

Fatmawati Fatmawati

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat membaca siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe tari bamboo pada komptensi dasar menanggapi isi cerita secara lisan pada siswa kelas Va SD Negeri 067258 Medan Amplas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VA SD Negeri 067258 Medan Amplas Tahun Ajaran 2015/2016. Objek penelitian ini adalah peningkatan minat belajar melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas VA SD Negeri 067258 Medan Amplas yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada observasi minat belajar siswa siklus I rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh hanya mencapai 44, persen (%) yang diperoleh sebesar 55%. Dari hasil hitungan observasi siswa siklus I masih tergolong rendah. Pada siklus II rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh yaitu sebesar 69, persen (%) yang diperoleh adalah sebesar 87%. Pada siklus II dapat dilihat bahwa peneliti sudah meningkatkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dengan baik dan perilaku belajar siswa sudah meningkat.

Kata Kunci: Minat Membaca, Pembelajaran Kooperatif, Tari Bambu.


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.