Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa “Membuat Gambar/Denah Berdasarkan Penjelasan” Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 060923 Medan Amplas

Rapiah Purba

Abstract


Abstrak. Rancangan penelitian ini menggunakan konsep asli menggunakan konsep aksi pada Action Research, yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus menggunakan empat komponen tindakan yaitu, perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi dalam suatu konsep yang saling terkait. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada Siklus Pertama, hasil evaluasi siswa yang belajar tuntas hanya mencapai 14 siswa, sedangkan pada Siklus Kedua, siswa yang dapat belajar tuntas sudah mencapai 28 orang (93,33%). Kriteria belajar Tuntas ini berdasarkan nilai yang dicapai siswa sudah mencapai atau melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) di SD No. 060923 Medan Amplas yaitu 65 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa hasil Siklus Kedua dari aspek Partisipasi dan Keaktifan Siswa dalam proses pembelajaran sudah tercapai secara optimal, sebab rata-rata persentase yang dicapai sudah 94,16%. Pencapaian ini sudah melebihi Indikator Keberhasilan yang ditetapkan yaitu 86%. Artinya metode pembelajaran inkuiri sudah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam memahami Membuat Gambar/Denah Berdasarkan Penjelasan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi iswa kelas 4 SD No. 060923 Medan Amplas Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Kata Kunci: Pemahaman, Metode Pembelajaran Inkuiri.


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.